Sharing artikel bermanfaat tentang kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan berita-berita terkini

  • This is default featured slide 1 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 2 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 3 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 4 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

  • This is default featured slide 5 title

    Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Persahabatan Kandas? Mungkin 5 Hal Ini yang Terjadi

Picture: Google
Hai, kembali lagi bersama saya, bagaimana kabar semuanya? Semoga baik-baik ya.
Kali ini saya akan membahas sesuatu yang mungkin rada bikin baper (bukan curhat, haha). Topik yang biasanya dialami manusia, terutama kawula muda yaitu persahabatan.

Ada yang bilang persahabatan bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu. Jujur saya belum faham, itu maknanya seperti apa. Kok persahabatan diibaratkan kepompong. Mungkin ada yang tahu, boleh komen.

Siapa yang tidak punya sahabat? Hmm, sebagian besar manusia sepertinya punya sahabat. Kita pernah dengar namanya sahabat dan teman. Kira-kira apa bedanya.

Kalau menurut saya, sahabat itu lebih mendalam dari teman. Mereka yang menjadi sahabat ada dikala senang maupun susah, ada di setiap kondisi, tahu tentang kita lebih banyak dari orang lain. Kalau teman tidak mengenal kita secara mendalam, hanya tahu permukaannya saja, seperti klien, teman kerja, teman sekolah, dll.

Persahabatan ternyata tidak dibatasi hanya dengan manusia saja lho. Karena ada istilah juga seperti bersahabat dengan alam, dengan hewan, tanaman. Nah, kita fokus ke persahabatan manusia dengan manusia.

Seseorang dapat bersahabat dengan orang lain bisa karena beberapa faktor. Beberapa hal yang membuat dua orang atau lebih bersahabat yaitu:

  • Memiliki satu tujuan
  • Mengalami permasalahan yang sama
  • Saling mengisi kekurangan satu sama lain
  • Terlalu sering bertemu
  • Memiliki kesamaan cara berfikir
  • Memiliki sifat yang sama
  • Memiliki hobi yang sama
  • Cocok tanpa tahu sebabnya
  • Karena iman

Itu beberapa hal yang membuat seseorang bersahabat dengan yang lainnya. List diatas itu sesuai dengan pengalaman saya pribadi, jadi kalau ada yang mau menambahkan monggo silahkan komen dibawah.

Apakah persahabatan akan selalu abadi? Sebetulnya tidak ada yang abadi di dunia ini ya. Semuanya selalu ada awalan dan akhiran, selalu ada pertemuan dan perpisahan. Tapi, kabar baiknya salah satu yang bisa abadi yaitu persahabatan lho, nanti saya kasih tahu di akhir.

Kali ini saya akan membahas topik sesuai judul, kesalahan-kesalahan apa yang membuat persahabatan kandas. Ternyata ada beberapa kisah persahabatan yang kandas lho. Kira-kira apa penyebabnya? Yuk, simak beberapa alasannya dibawah ini.

  • Sudah berbeda tujuan hidup
Diawal disebutkan salah satu yang membuat persahabatan seseorang timbul karena satu tujuan. Nah, ternyata perbedaan tujuan akan membuat persahabatan berakhir. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan kehidupan. Si A berprinsip hidup itu asik-asik saja sehingga terjerumus kedalam hal-hal buruk. Sedangkan si B bertujuan hidup hanya sementara di dunia maka harus banyak beramal dan berbuat baik. Mungkin awalnya akan bisa mempertahankan, tapi lambat laun perlahan-lahan akan timbul ketidaknyamanan satu sama lain.

  • Pertengkaran
Nah ini lebih seperti drama. Faktor yang menyebabkan persahabatan berakhir adalah pertengkaran. Seperti si A menyebarkan rahasia dan aib si B kepada orang lain, bersikap iri dengki terhadap sahabatnya sendiri yang membuat pertengkaran. Kalau tidak disikapi dengan bijak hal ini akan menimbulkan ketidakpercayaan antara satu dengan yang lain. Bahkan bisa jadi hubungan persahabatan akan menjadi permusuhan, naudzubillah.

  • Sudah memiliki sahabat baru
Kalau yang ini tidak terlalu ekstrim, tapi untuk beberapa orang bisa membuat galau akut. Akan selalu datang yang baru di dalam kehidupan kita termasuk orang-orang yang kita temui. Beberapa kasus ada yang persahabatannya berakhir karena bertemu dengan orang baru yang lebih cocok. Sebetulnya ada beberapa orang saja yang seperti ini, biasanya dia memiliki sifat hanya bisa fokus pada satu orang. Tapi banyak juga yang tetap bertahan, bahkan jika ada orang baru sahabatnya jadi banyak.

  • Sudah lama tidak bertemu
Nah penyebab selanjutnya karena sudah lama tidak bertemu. Mungkin ada yang pernah punya sahabat di SD, SMP, SMA, atau saat perkuliahan. Dulu kita memiliki sahabat yang sangat dekat, akan tetapi karena jarak dan waktu yang tak memungkinkan bertemu. Kondisi seperti ini akan membuat rasa tidak sama lagi dan kita sudah bertemu dengan orang-orang baru.

  • Sama-sama memiliki kesibukan baru
Kesibukan baru yang terjadi antar sahabat juga bisa merenggangkan lho. Mungkin ada yang punya pekerjaan baru, pindah domisili, sekolah ke luar kota, menikah, dll. Kalau yang ini bisa disiasati dengan adanya komunikasi, baik tidak langsung, maupun bertemu langsung (meet up). Biasanya yang satu ini tidak terlalu parah hanya saja pasti ada perbedaan.

Itulah 5 hal yang membuat persahabatan seseorang kandas. Sebenarnya tidak tega membuat judul seperti itu, kesannya terlalu ekstrim, heuheu.

Sebetulnya penyebab persahabatan kandas diatas dapat dicegah dengan meluruskan niat dalam bersahabat. Karena sebetulnya persahabatan itu bisa abadi sampai akhirat kelak. Hubungan tidak akan abadi jika alasannya hanya perkara dunia saja. Maka, kalau ingin persahabatannya abadi niatkannya harus baik dan karena alasan yang jangka panjang, yaitu akhirat.
Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar persahabatan abadi.

  • Luruskan niat karena Allah
  • Cintai ia karena Allah
  • Selipkan namanya dalam do'a
  • Maafkan kesalahannya
  • Menjalin komunikasi, tanyakan kabar
  • Bantu jika ia dalam kesulitan
  • Menguatkan saat dalam kesedihan
  • Ikut berbahagia saat ia bahagia
  • Nasihati dengan baik saat ia melakukan kesalahan

Kira-kira mau yang mana? Persahabatan yang kandas atau persahabatan yang abadi? Kalau ingin yang abadi maka lakukan hal-hal yang baru saja saya list. Oke, mungkin sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan semoga persahabatan kawan-kawan langgeng ya. See you..

Oh iya, baca juga artikel tentang persahabatan dibawah ini ya..
Endorphin
Benarkah Kamu Mengenalnya
Menitipkan Kamu Kepada Allah

Share:

Mau Jadi Orang yang Romantis? Pelajari Caranya Disini Ya!

Gambar: pinterest.com
Romantis.
Kata yang disukai kebanyakan manusia, apalagi kaum hawa. Sepertinya saya tidak perlu kasih info apa itu romantis menurut bahasa dan istilah ya, karena pasti sudah pada tahu romantis itu seperti apa. 

Apakah kawan-kawan termasuk romantis? 
Menurut saya, keromantisan tidak bisa dinilai oleh diri kita sendiri. Karena yang membuat diri kita dikatakan romantis adalah orang lain yang berinteraksi dengan kita.

Contoh ada si A, B, dan C. Si A memberikan bunga ke si B, karena si B orangnya suka bunga maka B mengatakan bahwa A romantis. Kasus kedua A memberikan bunga juga ke si C, ternyata kata si C kalau A tidak romantis, karena menurutnya kalau romantis itu jika dikasih cincin berlian. 

Intinya yang mampu mengukur apakah kita romantis atau tidak itu adalah orang-orang disekitar kita. 

Romantis ada dua cara yaitu pertama dengan kata. Pasti pernah dengar atau baca kata-kata romantis seperti puisi dan kata-kata indah lainnya. Kedua, romantis dengan tindakan seperti memberikan perhatian dan kebaikan-kebaikan.

Siapa saja yang pantas untuk diberikan kata dan sikap romantis? Mungkin, selama ini kita selalu mengidentikkan kalau bersikap romantis itu hanya kepada pasangan saja. Padahal ruang lingkup penerima keromantisan itu sangat luas.

Sempit dan luasnya ruang lingkup keromantisan itu tergantung kita belajarnya dari siapa. Nah sebetulnya kepada siapakah kita harus belajar romantis?

Mau jadi orang romantis dan lebih romantis maka belajarlah dari Yang Maha Romantis yaitu kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Belajarlah dari cara Allah ketika bersikap romantis kepada makhluknya, terutama kepada manusia.

Romantisnya kata-kata Allah dapat kita baca lewat FirmanNya dalam kitab Al-Qur'anul Kariim. Tak ada yang mampu menandingi kalimat-kalimat indahnya Allah. Jika penasaran, cobalah untuk membacanya.

Kemudian, Allah Maha Romantis dengan tindakannya, dengan sifat Rahman dan Rahimnya, sifat Pengasih dan Penyayangnya. Bagaimana Allah memberikan apa-apa yang kita butuhkan di dunia walaupun kita tak henti berbuat dosa. Bahkan sebagian manusia tak peduli dan tak yakin dengan keberadaanNya. 
Gambar: telegraph.co.uk
Allah yang Rahman, Maha Pengasihnya telah mengenyangkan perut-perut kita sebagai hambaNya. Mencukupkan semua keperluan, mengabulkan semua harapan, memberikan semua yang dibutuhkan. Sungguh romantis bukan?

Kemudian, Allah Maha Romantis dengan sifat Rahimnya, sifat Penyayang. Allah memberikan kasih sayang kepada manusia yang mengakui bahwa Allah sebagai Tuhannya. Walau hamba yang beriman masih berbuat dosa, Allah tetap memberikan kasih sayangnya baik di dunia maupun di akhirat kelak. Allah Maha Romantis bukan?

Selanjutnya, kita harus belajar kepada manusia yang paling romantis di dunia, yaitu Rasulullah Muhammad Shollallahu 'Alaihi Wasallam. Muslim harus tahu bagaimana Rasulullah bertutur dan bersikap terhadap orang lain. Sungguh-sungguh romantis.

Rasulullah Muhammad bertutur dan bersikap romantis tidak hanya kepada pasangan atau istrinya saja. Beliau sangat romantis kepada orang tuanya, keluarganya, para sahabatnya, umatnya, orang-orang disekitarnya, bahkan kepada orang-orang yang menentangnya.

Rasulullah dikenal sebagai orang yang lembut dan senantiasa berbuat baik kepada sesama, bahkan kepada orang yang tidak menyukainya. Selain itu, suami paling romantis terhadap istrinya adalah Rasulullah. Beliau selalu bertutur kata lembut dan bersikap baik terhadap istrinya. 

Rasulullah juga bersikap baik terhadap orang yang tidak menyukainya. Seperti cerita seorang Yahudi buta yang akhirnya masuk Islam karena keromantisan beliau terhadapnya. 

Intinya keromantisan itu berasal dari tutur dan sikap baik kita kepada orang lain. Karena siapapun akan menyukai kebaikan-kebaikan. Romantis itu menebar cinta dan kasih. Yang berhak menerimanya yaitu orang-orang disekitar kita. So, ruang lingkup keromantisan sangat luas bukan. 

Jadi, mulai dari sekarang belajar romantis dari sumber yang benar ya. Karena romantis bukan hanya berkata-kata dan memberikan seikat bunga. Romantis itu memberi cinta tak hingga dengan rasa yang tulus ikhlas karenaNya. Mencinta orang-orang di sekitar kita dengan akhlak yang mulia. That's romantis yang sesungguhnya. 

So, buat yang ingin romantis mulailah mengenal Allah dan RasulNya ya. Insya Allah setelah itu kawan-kawan akan menjadi orang yang romantis tis tis.

Dibawah ini artikel mengenai romantis lainnya, yuk klik.
5 Destinasi Wisata Impian Paling Romantis



Share:

Rezeki Sudah Ada yang Jamin Kawan

Gambar ilustrasi from google.com

Halo kawan-kawan, beberapa hari yang lalu berkelana bersama kawan. Ada beberapa hal yang akan dilakukan. Setelah semua keadaan rumah aman terkendali, sekitar pukul 11.00 an kami langsung keluar rumah.

Pas dalam perjalanan ternyata sudah waktunya sholat Dzuhur, akhirnya kami mampir di masjid favorit, masjid Al Muslimin. Masjidnya sangat nyaman, pokoknya betah kalau kesana bawaannya pengen berlama-lama.

Ba'da sholat tiba-tiba ada yang melanda. Perut memberontak, lapar tak terkira. Baru ingat kalau pagi belum sempat sarapan. Qodarullah-nya lagi tak ada anggaran untuk makan di luar. Akhirnya rasa lapar ditahan dan mencoba melupakan.

Ba'da sholat kami melanjutkan perjalanan, kami putuskan untuk berkujung terlebih dahulu ke rumah kawan kami yang lain. Qodarullah-nya lagi pas udah di pertengahan jalan, hujan. Karena lumayan lebat, diputuskan untuk berteduh di minimarket yang dekat dengan lokasi kehujanan.

Sambil menunggu, kawan saya masuk ke minimarket dan Maasya Allah-nya dia beli minum, 2 botol. Tentu saja salah satunya dikasih ke saya (Maasya Allah, semoga rezekinya ditambah). Setelah munuggu agak lama hujan pun reda.

Kami melanjutkan kembali perjalanan kami. Singkat cerita kami sampailah di rumah kawan kami. Seperti biasa bersalaman sambil cengangas-cengenges (senyam-senyum). Kami bertiga pun masuk ke rumah dan tentu saja ada sajian disana. Kue lebaran yang tak kunjung habis, haha.

Kami makan kue lebaran sama ada kelanting juga. Kami hanya punya waktu bercengkrama 1 jam saja (tak cukup untuk para perempuan sebenarnya). Kami tak bisa berlama-lama karena yang empunya rumah mau ada acara. Tapi karena merasa belum cukup kami agendakan kembali bersua ba'da asar.

Kami berpisah, dan beraktifitas kembali, saya dengan kawan saya yang pertama melakukan dulu agenda yang sudah direncanakan di awal (ada lah pokoknya). Setelah selesai, kami berkunjung lagi ke rumah kawannya kawan saya (artinya berkunjung ke rumah yang berbeda, riweuh ya). Saya belum terlalu kenal dengan yang satu ini.

Tibalah di rumahnya. Ya Allah sambutannya hangat banget. Maasya Allah orangnya baik, ia pemiliki usaha @ayamgeprekgledek.lpg (itu alamat IGnya). Disana kami disajikan ayam geprek, tak hanya itu dikasih lagi sepiring nasi ayam, ada air es berwarna yang manis dan menyegarkan, dan cemilan lainnya.

Kami pun makan sambil sedikit ngobrol-ngobrol, memberikan testimoni buat ayam gepreknya. Ayam geprek geledeknya enak sodara-sodara, sambalnya mantap. Ayamnya lebih gede daripada yang dijual di deket kampus, padahal harganya sama, ups.

Tak terasa adzan asar pun berkumandang, kami segera menyelesaikan aktifitas makan. Lalu kami izin untuk sholat asar disana. Ba’da sholat kami berbincang-bincang sebentar sampai kira-kira pukul 16.00 WIB. Karena kami ada janji mengunjungi kembali kawan kami yang pertama tadi, kami pun pamit. Barokallah, semoga ayam gepreknya makin laris dan berkah, Aamiin.

Kami segera menuju ke rumah kawan yang pertama tadi. Sampailah di rumahnya. Sebelum berbincang kami sepakat untuk bersama-sama ibadah sore hari dulu. Ba’da itu kami pun berbincang, perbincangan kali ini tentang cerita dia kursus bahasa Inggris, saya pun berkesempatan belajar melakukan perbincangan dengan bahasa Inggris. Tiba-tiba yang empunya rumah lagi-lagi menyajikan makanan, buah naga yang merah merona. Ya Allah, semoga barokah.

Kami juga melakukan perbincangan tentang cara menghapus foto pribadi dari pencarian google. Karena, sebelumnya Alhamdulillah saya berhasil melakukannya. Alhamdulillah, sekarang tidak ada foto pribadi lagi di pencarian google. Kapan-kapan saya buat tipsnya ya. Kami pun mencoba menghapus foto dari kawan, tentunya sambil menikmati hidangan buah naga segar yang merah merona tadi.

Tak terasa sudah maghrib, kami sholat maghrib bersama. Setelah semua ibadah selesai, kami bincang lagi sebentar, kemudian saya bersama kawan pamit pulang kepada si empunya rumah. Kami pun pulang dan tiba di rumah masing-masing.

Mungkin, temen-temen bertanya apa hubungannya cerita panjang kali lebar di atas dengan judul artikel. Setelah pulang ke rumah, saya sudah tidak merasakan lapar sama sekali. Di awal cerita, saya bilang belum sarapan, tak ada anggaran makan siang di luar, dan dilanda lapar. Tapi, pulang-pulang perut dalam keadaan kenyang. Yups, itu semua rezeki dari Yang Maha Menjamin, Allah Azza Wa Jalla. Allah menjamin rezeki saya dan kawan saya pada hari itu. It’s amazing, Maasya Allah.
Bagaimana cara Allah membuat perut semua makhluk kenyang dan terpenuhi berbagai kebutuhannya. 

Bahkan Allah sudah menjamin rezeki hewan melata. Sudah dijelaskan dalam firman Allah yang artinya:
“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang member rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya, semua tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfudz). (QS. Hud:6)

Ibnu Katsir menafsirkan, “Allah memberitakan kepada manusia bahwa Dia menjamin rezeki semua makhluk-Nya. Binatang melata, baik kecil maupun besar, dan juga binatang yang hidup di daratan maupun di lautan. Dia juga Maha Mengetahui tempat kembali dan beristirahatnya. Artinya, Dia Maha Tahu tempat tinggal makhluk tersebut di muka bumi, dan Maha Tahu kapan dia akan kembali ke tempat tinggalnya (akhirat).” (Tafsir Ibnu Katsir, II:376)

Temen-temen pernah melihat maaf orang gila di pinggir jalan, walaupun kotor jika dilihat-lihat badan mereka sehat-sehat, yups mereka juga makan setiap harinya, entah darimana makanannya, yang pasti sumbernya dari Allah Maha Pemberi Rezeki.


Begitulah temen-temen, jadi kita harus yakin bahwa Insya Allah setiap hari rezeki kita dijamin oleh Allah. Jadi, berusahalah mencari rezeki dengan jalan yang Allah halalkan. Jangan khawatir rezeki hilang jika kita keluar dari pekerjaan yang tidak halal ya, karena rezeki sudah ada yang jamin. Insya Allah. Sekian untuk hari ini, semoga bermanfaat. Tetap bersyukur dan katakan Alhamdulillaah.


Share:

Ingin Kulit Muka Sehat dan Cerah Tanpa Bahan Kimia, Yuk Intip Rahasianya Disini!

Picture: Orami Magazine
Bismillaahirrohmanirrohiim..

Hai temen-temen, gimana kabarnya? Semoga hari ini pada semangat ya..

Kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai tips mendapatkan kulit muka sehat dan cerah tanpa bahan kimia. Tanpa bahan kimia disini yaitu tanpa kosmetik ya. Nah sekarang kan lagi booming berbagai kosmetik ini itu, mulai dari pencerah, pemutih, dan lain-lain. Banyak sekali berseliweran iklannya di media sosial.

Sebenarnya tanpa kosmetik pun kita bisa loh punya kulit sehat dan cerah. Saya tak begitu yakin kulit saya sudah dikategorikan sehat atau belum, hehe. Tapi temen-temen yang mengenal saya sudah lama bakal tahu perbedaannya. Yah, maklum kalau dulu belum terlalu memperhatikan masalah beginian. Mendapatkan kulit yang sekarang ini sudah Alhamdulillaah, walaupun tak sekinclong artis-artis ya. Alhamdulillah semua karena Allah.

Cukup intermezonya. Oke, jadi rahasianya yaitu minum jus wortel campur tomat setiap hari. Saya pribadi sudah membuktikannya. Jadi, awalnya itu dari ibu saya. Ibu saya qodarullah terkena diabetes. Untuk memulihkan badan beliau, akhirnya ibu harus makan dan minum yang sehat-sehat. Karena semenjak terkena diabetes, ibu saya jadi kurus sekali dan kulitnya pun kusam. Saya juga kurang faham mengapa seperti itu. Alhamdulillah sekarang sudah membaik.

Ibu saya seminggu minum jus wortel dan tomat tersebut sudah terlihat hasilnya. Gegaranya tetangga komen, “wah ibu jadi lebih cerah dan sehat majahnya”. Saya jadi penasaran kan, saya perhatikan, iya juga. Akhirnya ibu saya kalau buat jus lagi, ibu buatkan untuk semua anggota keluarga, termasuk saya. Tapi khusus buat kami pakai gula, karena ibu tidak pakai gula.

Picture: Prelo
Kami pun minum jus itu tiap pagi. Bahkan kalau siang-siang pengen yang seger-seger, biasanya buat jus itu. Setelah beberapa minggu memang ada perubahan, kulit muka jadi lebih sehat. Dan ternyata efeknya tidak hanya kulit muka, tapi semua kulit, sekali lagi ya, semua kulit, seluruh badan.

Maasya Allah, Allah itu luar biasa ya. Kita terkadang suka bersusah payah kalau ingin ini itu, padahal Allah sudah menyediakannya dengan mudah. Yups wortel dan tomat itu termasuk karunia Allah yang sangat luar biasa. Kita bisa mendapatkan kebaikan dari kedua sayuran ini. Apalagi kalau kita ingat-ingat lagi berbagai jenis sayuran yang lain, dan pastinya penuh dengan manfaat dan kebaikan. Lagi-lagi ucapkan Alhamdulillah.

Nah, bagaimana cara membuatnya?
Cara buatnya siapkan 1 buah tomat dan 1 buah wortel, cuci, masukan ke blender, tambah gula merah secukupnya (biar lebih sehat daripada gula putih), tambahkan air setengah gelas, tambah es (kalau pengen seger), blender sampai lembut, tambahkan lagi air, blender lagi, jadi deh. Gampang sekali. Setelah itu tinggal minum, ingat untuk baca Bismillaah ya sebelum minum.

Minumlah jus wortel dan tomat secara rutin tiap hari. Beberapa bulan ini saya jarang minum, jadi sekarang kurang begitu sehat. Yuk kita mulai lagi bareng-bareng. Oh iya, jangan lupa luruskan niat ya, niatnya untuk menyehatkan badan termasuk muka. Kalau sudah bersuami niatkan untuk menyenangkan hatinya. Selalu berhati-hati dengan niat ya temen-temen. Biar barokah.

Nah itu dia tips sehat kali ini, semoga bermanfaat. Tentunya manfaatnya bakal terasa kalau dipraktekkan ya. Apakah ada efek samping? Oh tentu saja ada efek sampingnya. Jadi hati-hati ya. Efek sampingnya kulit wajah jadi sehat, cerah, dan cantik, hehe. Tapi saya titip ya kecantikannya hanya digunakan untuk hal-hal yang halal. Simpan saja cantiknya untuk yang sudah dihalalkan ya.

Oke, semoga temen-temen sehat selalu, dan ingat untuk senantiasa ucapkan Alhamdulillah, karena nikmat yang Allah berikan untuk kita amat banyak, tak terhitung, tak terkira, tak terhingga. Jika terkena hal yang tak diinginkan, ucapkan Alhamdulillah ‘ala kulli hal (segala puji bagi Allah dalam setiap keadaan). Sampai berjumpa di artikel berikutnya. Oh iya jika ingin berlangganan catatan saya silahkan daftarkan emailnya melalui form dibawah ya.. See yaa..



Share:

Sembuh dari 'Alergi' Buku

Pic.by : panmacmillan.com
Bismillah..
Hallo kawan, bertemu di tempat berbeda. Rumah lama (blog lama) yang tadinya terlupakan. Postingan pertama setelah terakhir posting tahun 2015. Dikarenakan blog baru tidak bisa diakses, maka dengan berbagai masukan, Alhamdulillah diputuskan untuk kembali ke ’tempat lama’. Akhirnya renovasi dilakukan disana-sini, merombak yang kurang layak, membuang yang tak pantas dipajang. Thank you kawan-kawan atas masukannya.

Bahasan kali ini tentang Buku. Hmm, sempat alergi dengan yang namanya buku. Tentunya tidak termasuk Super Book Al-Qur’anul Kariim dan Al-Hadits Rasulullah, karena tak berhak siapapun (muslim) untuk berkata tidak suka membacanya.

Hampir sebagian besar orang di negeri ini tak suka membaca buku, padahal kita sekolah pakai buku dan diharuskan baca buku. Dulu sekali, saya menganggap kalau buku terlalu monoton, statis, dan membuat ngantuk saat bersamanya. Bagaimana dengan sekarang?

Saat ini tetap tidak rajin juga baca buku, tapi setidaknya tidak alergi. Beberapa buku Alhamdulillah sudah dibaca. Kapankah saya bertaubat dari penyakit ‘alergi buku’? Alhamdulillah mulai membaca buku saat merasa ingin tahu pada diri muncul, ketika keterbutuhan akan ilmu mulai merasuk. Ilmu apapun itu tentu yang baik-baik, terutama bacaan yang mengenyangkan jiwa (ruhani).

Selain buku tentang ilmu tentang menjaga ruhani , karena basic seorang pedagang, maka saya mulai mencari ilmu tentang dagang. Darimana? Dari buku. Saat dagang kurang menguntungkan, saya cari hal yang dapat memotivasi, darimana? Salah satunya dari buku. Sehingga buku yang sering saya baca buku tentang wirausaha dan pengembangan diri (motivasi).

Buku salah satu sumber ilmu, apa yang kau baca itulah dirimu. Karena seseorang akan berperilaku sesuai ilmu yang dia tahu. Setiap jiwa sesuai dengan kata-kata yang ia terima, cerna, dan akhirnya akan membentuk jati dirinya. Makanya, ada yang bilang hati-hati dengan buku yang dibaca, karena bisa jadi ada ranjau didalamnya yang akan menjerat tanpa terasa.

Beberapa buku yang pernah saya baca (sampai tuntas) dan isinya aman (menurut saya) yang mungkin dapat menjadi referensi untuk kawan-kawan yaitu:

  • Strategi Genius Marketing ala Rasulullah
  • Nyemplung Jadi Pengusaha
  • Rahasia Closing Setiap Hari
  • 30 Hari Jago Jualan
  • Living Smart, dan lain-lain

Kapan-kapan saya review ya. Insya Allah..
Alhamdulillah sekarang tak lagi alergi baca buku. Ingin bersahabat dengan buku? Munculkan saja rasa ingin tahu..

Btw, malam ini saya akan posting beberapa artikel dari blog yang hilang, Alhamdulillah beberapa diarsipkan di notebook..

Oh iya, dibawah ini artikel menarik yang bisa kawan-kawan baca juga..

Membaca Kesenangan yang Bijaksana by Esy Andriani
Nikmat Allah Bukan Hanya Sekedar Materi by Agnes Rachmawati


Share:

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang Secara Alami dengan Minyak Zaitun



Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang dapat dilakukan dengan beberapa cara, dan yang paling aman lebih baik pakai cara alami. Rambut yang kering dan mengembang bisa terjadi karena kurangnya asupan asam lemak esensial. 

Mulailah untuk mengkonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, atau minyak ikan, seperti makarel untuk mendapatkan sumber asam lemak esensial tersebut. Ikan juga mengandung protein cukup tinggi, sehingga bermanfaat untuk mempertahankan kilauan rambut kita.

Penyebab lain:
  • Proses pewarnaan rambut (bleaching), highlight, dan pengkritingan, cenderung merusak rambut. Terutama karena penggunaan bahan-bahan kimia yang menyebabkan pigmen alami rambut hilang dan kekuatan alami rambut hilang.
  • Penggunaan alat pengering alias catok yang terlalu panas. Ternyata alat pengering yang terlalu panas dapat merusak rambut. Rambut jadi kering, mengembang dan rapuh.
  • Sering mengikat rambut dan menggunakan jepitan rambut yang terlalu kencang. Apalagi kalau rambut basah langsung diikat, wah itu benar-benar akan merusak rambut.
  • Terlalu sering mencuci rambut juga tidak baik loh, karena akan mengikis pelembab alami rambut. Padahal pelembab alami itu akan menjaga rambut agar tetap sehat. Keramas tiap hari boleh jika rambut berminyaknya keterlaluan.

Nah, kalau udah terlanjur rambutnya kering gimana? Tenang saja ada solusinya yaitu dengan minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan obat alami paling mujarab untuk mengatasi rambut kering.

Caranya gimana?

Yuk langsung ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Tentunya kamu harus mempersiapkan minyak zaitunnya. Minyak ini bisa dibeli di toko-toko herbal atau toko kecantikan.
  • Masukkan 20 ml minyak zaitun ke wadah atau mangkok alumunium, kemudian si mangkok tadi ditaruh diatas panci yang berisi air untuk dihangatkan. Jadi bukan dicampur dengan air ya minyak zaitunnya, tapi tetap di mangkok. Setelah hangat angkat mangkok yang berisi minyak zaitun tadi.
  • Oleskan minyak tadi dengan kuas dari akar sampai ke ujung rambut, kemudian ratakan minyak dengan sisir. Biarkan 30 menit, kemudian cuci rambut dengan shampoo alami yang sudah banyak dijual.
  • Jika rambut kamu kusam atau sulit diatur, setelah mengoleskan minyak, jangan dicuci dulu, tapi pakai plastik dan biarkan semalaman. Cara tersebut untuk menata kembali keratin rambut dan mengembalikannya.

Bagaimana? sudah siap praktek? Minyak zaitun sangat aman kok, jadi kalau mau rambutnya normal kembali langsung di praktekkan saja Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang Secara Alami.

Share:

Cara Mencari Peluang Usaha dengan Mudah, Yuk Baca Disini

Cara Mencari Peluang Usaha dengan Mudah - Kamu sedang cari peluang usaha? Sebenarnya banyak sekali peluang usaha disekitar kita. Tapi kebanyakan orang bingung bagaimana caranya mendapatkan peluang usaha. 
Ada perbadaan antara hambatan dan peluang? Ada yaitu sikap kita terhadapnya. Setiap peluang memiliki kesulitan dan setiap kesulitan mempunyai peluang.

Nah, dibawah ini saya akan berbagi caranya agar kita dapat mendapatkan peluang usaha. Beberapa caranya yaitu:
  • Ide yang muncul tiba-tiba
Ide bisnis terkadang datang tiba-tiba, dimana saja dan kapan saja. Bahkan dalam satu hari sesorang bisa mendapatkan lebih dari satu ide bisnis. Tapi sayangnya cuman sebagian kecil orang yang merealisasikan ide bisnisnya. Kebanyakan hanya sampai di gagasan saja. 

Jika kita memiliki ide bisnis, langsung realisasikan ide tersebut. Jangan ditunda-tunda. Toh kita tidak tahu ide tersebut bagus atau tidak kalau tidak ada tindakan nyata dari kita. Jika memiliki banyak ide bisnis, pilih satu ide bisnis yang kira-kira memungkinkan untuk dilakukan oleh kita atau bisa mempertimbangkan prospek paling baik saat itu. 

Contoh Saat itu menjelang bulan Ramadhan, saat itu kita punya dua ide yaitu membuat usaha jual makanan ringan atau buka penjualan baju busana muslim. Nah, tentunya yang paling baik untuk dipilih adalah jual baju busana muslim. 
  • Hobi
Hobi adalah sesuatu yang sangat kita sukai, bahkan sampai setiap hari melakukannya. Kayak saya, sukanya blogging, jadinya setiap hari nge-blog terus, ^^. Banyak orang yang tidak sadar kalau hobinya ternyata bisa menjadi sebuah bisnis.

Contoh, hobi blogging bisa menjadikan blognya sebagai publisher sehingga mendapatkan penghasilan dari iklan. Ada juga yang hobinya nulis, bisa buat buku atau buat ebook dan dijual baik melalui pemasaran offline maupun online. Hobi olahraga atau main gitar bisa buka usaha belajar keahlian olahraga dan gitar. Hobi fotografi juga bisa jadi peluang, kamu bisa menjual hasil fotonya, membuka pameran foto, atau membuat studio fotografi.



Banyak orang yang menyarankan kita memiliki usaha berangkat dari hobi agar bekerja pun serasa tidak bekerja. Kalau usaha dari hobi selain mendapatkan uang kita juga akan merasa puas dan tidak terbebani. 
  • Cita-cita
Yang ini lebih oke lagi. Jika seseorang bercita-cita menjadi seorang pebisnis maka akan ada dorongan kuat untuk mewujudkannya. Dan untuk orang seperti ini, maka dia akan melihat peluang ada dimana-mana. 

Tapi pesan saya, kalau sudah bisa melihat peluang dimana-mana, jangan lupa prioritaskan satu pilihan ide saja. Agar lebih greget dalam menjalaninya. 
  • Tekanan 
Ini namanya the power of kepepet. Orang yang mendapat tekanan hidup dan ingin berusaha untuk merubah hidupnya biasanya akan mendapatkan banyak ide usaha. 

Tekanan bisa datang dari luar atau dari diri sendiri. Contoh tekanan untuk bisa bertahan hidup dan menghidupi keluarganya.
  • Kecenderungan pasar
Kalau yang ini idenya berdasarkan permintaan konsumen. Contoh lagi musim batu akik, kita bisa buat usaha kerajinan batu akik, pembuat ring cincinnya, atau kita bisa jadi penjualnya saja.

Contoh lain, lagi musim hujan. Tentunya permintaan payung meningkat. Kita bisa menjual payung atau menjadi distributornya. 
  • Wawasan dan pergaulan luas



Wawasan bisa didapat dari lingkungan dengan terus bergaul atau dari bacaan. Dengan belajar dari pengalaman orang lain dan dari baca buku, kita akan lebih mudah mendapatkan ide bisnis. Sekarang banyak buku atau artikel yang menyajikan berbagai ide bisnis.Ada perbadaan antara hambatan dan peluang? Ada yaitu sikap kita terhadapnya. Setiap peluang memiliki kesulitan dan setiap kesulitan mempunyai peluang.

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan peluang usaha. Langsung praktek dan pilih salah satu Cara Mencari Peluang Usaha dengan Mudah.
Share:

Terungkap! Kunci Kesuksesan dalam Pekerjaan dengan Meningkatkan Ketenangan Diri


Kunci Kesuksesan dalam Pekerjaan dengan Meningkatkan Ketenangan Diri merupakan artikel yang menurut saya harus dibaca bagi teman-teman yang pengen sukses dalam pekerjaannya.

Pernahkah kita bertanya pada diri sendiri, mengapa pekerjaan yang saya lakukan tidak optimal. Banyak faktor yang membuat pekerjaan kita tidak baik salah satunya karena tidak memiliki sikap tenang dalam menyikapi hal-hal yang terjadi dalam pekerjaan. 

Banyak hal-hal yang tak terduga saat kita bekerja. Berbagai halang rintang pasti akan ditemui. Misalkan beberapa kasusnya, dikomplain pelanggan, produk kita mendapat saingan baru, difitnah oleh pesaing, penjualan menurun drastis, permasalahan manajemen perusahaan, dimarahi atasan karena berbuat kesalahan, mendapat proyek baru dan masih banyak lagi.

Ketika hal itu terjadi penyikapan kita terhadap masalah tadi akan menentukan bagaimana kedepannya. Apakah keadaannya semakin buruk atau lebih baik. Tentunya yang kita inginkan semuanya menjadi baik kan.


Nah, yang harus kita lakukan saat ada permasalahan-permasalahan atau tantangan dalam bekerja yaitu menenangkan diri. Sikap tenang ini merupakan salah satu faktor keberhasilan seseorang dalam pekerjaannya, apapun pekerjaannya.
Jika hadiah kehidupan yang terbesar mendatangi Anda, bersyukurlah. Tapi, jika keberuntungan melewati Anda, tenanglah.
Orang yang tenang akan terlihat lebih sehat karena bisa menikmati hidup dan mampu menghadapi berbagai rintangan. Dengan ketenangan kita dapat mengatasi semua masalah dalam perkerjaan dan tidak menjadi korban keadaan.

Ini yang ditunggu-tunggu, bagaimana cara meningkatkan ketenangan diri? Yuk langsung disimak saja yak... ^^
  •   Kenali karakter diri sendiri dan orang lain

Sebagai manusia, kita harus mengenali seperti apa karakter diri kita. Hal ini bertujuan agar kita mampu memaksimalkan potensi diri yang kita miliki, sehingga potensi yang sudah ditingkatkan akan membantu saat bekerja. Selain itu mengenali diri dapat mendeteksi kekurangan kita, sehingga bisa kekurangan tersebut bisa kita perbaiki.

Mengenal karakter orang lain juga sama pentingnya. Dengan mengenali karakter klien, bawahan, atasan, pelanggan, dan orang-orang yang ada disekitar kita, kita pun dapat memahami dan mampu membangun komunikasi dan hubungan yang baik. Hubungan yang baik akan membantu kita menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan mereka.

Mengenal diri sendiri dan orang lain akan membuat kita tenang, karena kita bisa menguasai keadaan. Penguasaan diri dan keadaan sekitar akan membuat kita percaya diri bahwa kita mampu menyelesaikan apapun masalah yang datang.

  • Belajar Sejarah
Mengapa dengan belajar sejarah kita dapat meningkatkan ketenangan diri?
Dibawah ini akan dipaparkan alasannya.
  1. Pengetahuan masa lalu membantu memahami segala sesuatu di masa kini dengan sudut pandang yang tepat.
  2. Pahami kisah tentang manusia, agar tidak mudah terkejut dan gelisah.
  3. Perluas wawasan dengan kejadian-kejadian masa lalu untuk meningkatkan ketabahan diri kita dalam menanggung beban hidup.
  4. Belajar sejarah akan membuat kita sadar akan makna dan tujuan hidup.Yakin bahwa kita memiliki peran dalam kehidupan.
  • Buang kekhawatiran, benci, iri, kepahitan, dan ketakutan
Menagap harus dibuang? Karena sifat-sifat tersebut dapat membunuh diri kita sendiri. Permasalahan dalam pekerjaan akan sulit diatasi jika kita masih menyimpan "penyakit hati ini". Lepaskan semuanya, ikhlaskan.

Jadilah orang pemaaf. Memaafkan diri sendiri dan orang lain. Sibukkan dengan mencari solusi dan terus memperbaiki diri. Terus berfikir positif dalam setiap keadaan. Yang paling penting adalah selalu berfikir positif pada diri kita sendiri.
Pikiran positif tidak akan bekerja bagi yang berfikir negatif tentang dirinya sendiri.
  • Rileksasi
Tips selanjutnya yaitu melakukan relaksasi sebelum tidur. Rasa gelisah, khawatir, stress bisa diakibatkan oleh tidur yang tidak nyenyak atau tidak berkualitas.  

Sebelum tidur lakukan hal ini, kendurkan semua otot dalam tubuh, terutama otot wajah. Tarik nafas panjang dan simpan udara di perut, tahan beberapa saat, lalu hembuskan perlahan. Lakukan beberapa kali sampai diri kita merasa lebih tenang atau rileks.
  • Hemat energi
Bukan berarti kita malas-malasan ya. Maksud hemat energi disini yaitu mengefektifkan energi yang kita gunakan dalam bekerja. Jika pekerjaan bisa dilakukan bersama tim, maka janganlah dikerjakan sendiri. Tidak menunda-nunda pekerjaan juga bisa membantu menghemat energi.

Fisik yang letih akan mempengaruhi ketenangan diri. Biasanya kalau lelah emosinya akan naik. Kurangi keletihan maka ketegangan pun berkurang.
  • Senyum dan senangkan diri
Walau pun kita sibuk bekerja, luangkanlah waktu untuk berlibur. Berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Atau bisa juga meluangkan waktu setiap hari untuk menonton acara komedi di televisi. 
  •  Miliki hobi
Melakukan hobi secara teratur akan mengembangkan ketenangan, serta membantu kita menjadi puas, rileks dan bahagia. Hobi akan membuat kita lebih sibuk dengan sesuatu yang menyenangkan diri.

Itulah beberapa hal yang kita bisa lakukan untuk meningkatkan ketenangan diri. Agar kita mampu sukses dalam bekerja, yuk langsung praktekkan Kunci Kesuksesan dalam Pekerjaan dengan Meningkatkan Ketenangan Diri.
Share:

Ini Nih Tips Mudah Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Tanpa Efek Samping


Tips Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Tanpa Efek Samping - Siapa yang gak sebel kalau rambut pada rontok. Rambut rontok sekarang dialami oleh banyak orang. Penyebabnya beragam, bisa jadi karena tidak pernah membersihkannya (itu namanya jorok, hehe), atau karena salah cara merawatnya bahkan tak pernah dirawat. 

Kerontokan paling parah disebabkan karena produk-produk rambut yang tidak cocok dan terlalu sering melakukan berbagai hal dengan rambut untuk mempercantik diri padahal akibatnya merusak rambut dan kulit kepala.
 
Menurut para pakar rambut, jika rambut rontok 100 helai sehari masih tidak masalah. Tapi jika lebih dari itu, kita wajib berhati-hati, karena bisa jadi itu tandanya bahwa ada yang tidak beres dengan rambut atau kulit kepala kita.

Banyak orang yang tidak tahu penyebab dan cara mengobati permasalahan rambut rontok ini. Dalam mengobatinya biasanya malah menggunakan obat-obatan dan bahkan sampai pergi ke dokter. Padahal obat-obatan yang dipakai bisa jadi memiliki efek samping, apalagi obat yang tidak memiliki izin.

Sebetulnya ada cara alami yang lebih aman yang bisa kita lakukan untuk Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Tanpa Efek Samping. Yuk kita bahas.

Penyebab

Sebelum membahas cara mengobatinya, mari kita cari tahu dulu penyebab rambut rontok. Rambut rontok disebabkan oleh kekurangan nutrisi asam folat, faktor usia, faktor genetik, perubahan hormon, stress, tidak lancarnya peredaran darah di kulit kepala, masalah ketombe yang parah, kurang zat besi. 

Dalam sehari kita membutuhkan sekitar 14,8 mg zat besi. Selain itu rontoknya rambut bisa disebabkan kerusakan rambut karena perawatan dan perlakuan rambut yang salah.

Solusi Alami
  • Minum Jus Selada dan Bayam
Pastinya kita tahu sayuran selada dan bayam. Kalau tidak tahu langsung ke pasar atau supermarket dan tanya-tanya dan habis itu langsung beli, jangan nanya-nanya doang (hehe). Caranya bayam dan selada yang sudah dibersihkan dibuat jus dan diminum setiap hari. Satu gelas jus selada dan bayam yang diminum setiap hari dapat mencegah rambut rontok.

  •  Teh Hijau
Beberapa penelitian di Jepang menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat meningkatkan zat tertentu yang disebut sex hormone binding globilun (SHBG) yang menghambat aktivitas hormon pemicu kerontokan rambut. Teh hijau mengandung antioksidan dan memiliki efek antikanker.

  •  Mengkudu
Apa mengkudu? Beberapa orang kurang bersahabat dengan buah yang satu ini. Baunya yang tidak sedap membuat buah ini kurang disukai. Padahal banyak sekali manfaat dari buah mengkudu termasuk mengatasi kerontokan rambut. Selain itu ramuan mengkudu juga dapat melembutkan dan menghaluskan tekstur rambut.


Bagaimana cara membuatnya?

Cara buatnya gampang kok.
  1. Sediakan 1 buah mengkudu matang, taruh di wadah dan lembutkan dengan garpu.
  2. Masukkan 1 kuning telur ayam kampung aduk hingga rata. Balurkan pada rambut yang sudah bersih.
  3. Biarkan 10 menit, dan bilas dengan air dingin.
Itulah cara mengatasi rambut rontok secara alami. Sebenarnya masih banyak ramuan yang bisa kita buat, tapi ini ramuan alami yang paling simple dan mudah. Selain cara buatnya yang mudah, bahan-bahannya pun mudah untuk didapatkan dan sangat familier.

Pengobatan dan perawatan secara alami agar mendapatkan hasil yang maksimal harus telaten dan sabar. Biar konsisten niatkan diawal kalau kita ingin rambutnya sehat bukan hanya ingin cantik ya.

Yuk langsung praktekkan Tips Mudah Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami Tanpa Efek Samping.

Share:

Ini Manfaat Penting Apel Merah Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Apel, pasti semua tahu buah yang satu ini. Buah ini selain enak rasanya, ternyata manfaatnya pun besar bagi kesehatan tubuh manusia juga kecantikan. 

Ternyata apel, terutama apel merah merupakan bahan perawatan tertua. Tidak salah kalau apel ini masih eksis sampai sekarang untuk dijadikan makanan wajib bagi yang peduli kesehatan dan kecantikan.


Memangnya apa sih keistimewaan apel merah ini? 


Apel merah ini istimewa karena memiliki banyak kandungan zat gizinya. Beberapa zat gizi yang terdapat didalamnya yaitu kalium, pektin, dan selulosa. 


Kalium merupakan mineral yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel tubuh, serta mengatur tekanan darah. 



Pektin (serat larut dalam air) terdapat pada daging buahnya. Pektin ini baik bagi pengidap sindrom iritasi usus dan diare. Zat ini juga baik bagi pengidap penyakit jantung, karena dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

Nah, kalau selulosa adalah serat yang tidak larut yang ada pada kulitnya. Serat ini tentunya baik untuk penc


Selain itu, apel merah kaya dengan fitokimia dan flavonoid tertinggi dibandingkan buah lain. Fitokimia berfungsi untuk menjaga tubuh dari berbagai kemungkinan penyakit. Sedangkan flavonoid mengandung antioksidan yang tinggi. Dua kandungan ini pernah diteliti oleh Institut Kanker Nasional Amerika Serikat.


Terus bagaimana kita mendapatkan semua manfaat dari apel merah ini?


Menurut saya itu cara paling logis untuk mendapatkan manfaat dari apel merah yaitu kita langsung beli apel merahnya, dicuci, dan dimakan deh. Hehe Piss.. ^^


Oh iya sumber informasi ini saya dapat dari buku Buku 500 Rahasia Cantik Alami (Emma Madjid).
Share:

Populer Minggu Ini

Total Pageviews

Search This Blog

Lihat Arsip

Opini Pemimpi. Powered by Blogger.

Subscribe

Artikel Spesial

Ingin Kulit Muka Sehat dan Cerah Tanpa Bahan Kimia, Yuk Intip Rahasianya Disini!

Picture: Orami Magazine Bismillaahirrohmanirrohiim.. Hai temen-temen, gimana kabarnya? Semoga hari ini pada semangat ya.. Kali i...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *

Kawan-kawan Blog

Banyak Dibaca

Recent Posts