banner here

Pengertian Akutansi & Kegunaannya

- 6:19 pm
banner here

Pengertian Akuntansi

Dibawah ini terdapat beberapa pengertian akuntansi, yaitu:

  • Menurut American Accounting Association (AAA)
Accounting is the process of identifying,  measuring and communicating economic information to permit information judgment and decision by users of the information. Akuntansi adalah mengidentifikasi/mengenali, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkanadanya penilaian dan pengambilan pemutusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. 

  • Menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)
Accounting is the art of recording, classifying and summarizing in a significant manner and in terms of money, transaction and events which are, in part at least, of financial character, and interpreting the result there of. Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam satuan mata uang, transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian yang setidak-tidaknya bersifat financial dan penafsiran hasil-hasilnya.

Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan sebagai berikut:

Akuntansi adalah proses pengedintifikasian/pengenalan, pengukuran, pencatatan, dalam pelaporan informasi ekonomi.

Informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan berguna untuk penilaian dan pengambilan keputusan bagi pihak yang memerlukan.

Kegunaan Akuntansi

Semua orang berkepentingan terhadap laporan keuangan perusahaan. Untuk menyederhanakannya, dapat dibagi menjadi pihak intern perusahaan dan pihak ekstern perusahaan.

  • Bagi Pihak Intern
Akuntansi berguna untuk mencapai tujuan-tujuan berikut :

- Perencanaan

Berdasarkan informasi ekonomi yang tepat, dapat disusun  rencana kerja yang baik untuk pelaksanaan kegiatan tahap berikutnya.

- Pengendalian

Berdasarkan rencana dan penerapan system akuntansi yang baik, dapat kontrol atau di nilai jalannya kegiatan perusahaan.
Pertanggungjawaban

Setelah diadakan pencatatan terhadap semua transaksi dan kejadian, pada akhir periode disusun laporan keuangan untuk disampaikan kepada pemilik atau pihak ekstern lain untuk mendapatkan penilaian. 

  • Bagi Pihak Ekstern
Akuntansi digunakan sebagai alat bantu untuk mengambil keputusan ekonomi bagi pihak yang memerlukan. Pihak ekstern yaitu pihak yang berada di luar perusahaan, seperti investor, pemerintah, dan masyarakat umum. 

Dengan adanya akuntansi pihak luar tersebut dapat melihat seberapa sehat keuangan suatu perusahaan. Sehingga keputusan terbaik pun akan dapat diambil.

Bagi investor, jika data keuangan dari catatan akuntansi suatu perusahaan baik, maka mereka tidak segan menanamkan saham atau modalnya. Untuk pemerintah, catatan akuntansi perusahaan bermanfaat untuk pemberian izin dan perhitungan pajak. 

Sedangkan bagi masyarakat luas catatan akuntansi perusahaan dapat dijadikan sumber penelitian dan masyarakat sebagai konsumen akan lebih percaya dan loyal.

Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search