banner here

Laporan Keuangan : Laporan Laba rugi

- 4:26 pm
banner here
Laporan laba rugi adalah suatu laporan yang menunjukkan penghasilan dan biaya-biaya suatu unit usaha untuk suatu periode. Selisih antara pendapatan dan biaya merupakan laba yang diperoleh atau rugi yang diderita oleh perusahaan.

Laporan laba rugi kadang-kadang disebut Laporan Pendapatan dan Biaya merupakan tali penghubung dua neraca dua periode berurutan.

Dari uraian di atas dapat dilihat pentingnya laporan laba rugi yaitu sebagai alat untuk mengetahui kemajuan yang dicapai perusahaan dan juga mengetahui prestasi atau laba yang didapat dalam satu periode.

Beberapa istilah yang digunakan dalam laporan laba rugi yaitu :
1. Pendapatan/Penghasilan (Income/Revenue) adalah peningkatan jumlah aktiva atau penurunan kewajiban perusahaan yanng timbul dari penyerahan barang/jasa atau aktifitas usaha lainnya dalam suatu periode. Tidak termasuk di dalamnya pembelian harta, investasi oleh pemilik, pinjaman ataupun koreksi laba rugi periode yang lalu.

2. Laba/Rugi adalah selisih lebih/kurang penjualan dengann harga pokok penjualan.

3. Beban (expense) adalah pengawasan ekonomis yang diperlukan untuk memperoleh barang dan jasa.

4. Biaya (cost) atau harga perolehan adalah biaya (cost) atau harga pokok yang secara langsung atau tidak langsung telah dimanfaatkan dalam usaha menghasilkan suatu periode, atau yang sudah tidak memberi manfaat ekonomi untuk kegiatan masa berikutnya.

5. Biaya (expense) adalah aktiva-aktiva atau jasa-jasa yang digunakan untuk memperoleh penghasilan, atau dengan kata lain merupakan harga perolehan yang habis dipakai untuk memperoleh pendapatan.

Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search