RAMUAN HERBAL, ALTERNATIF PENGOBATAN ALAMI


Hidup sehat tanpa mengalami gangguan kesehatan adalah dambaan setiap orang. Apalagi di era modern seperti ini yang menuntut setiap orang selalu aktif berkarya dan berprestasi. Oleh karena itu, kesehatan sangat penting dan menjadi barang berharga yang perlu dirawat.
Pada dasarnya, ada empat faktor utama yang menentukan kesehatan seseorang, yaitu pola hidup, kondisi lingkungan, mutu pelayanan kesehatan yang tersedia, dan faktor hereditas (keturunan). Dari keempat faktor tersebut, pola hidup memegang peranan terbesar dalam menentukan kualitas kesehatan. Penerapan pola hidup alami dengan memperhatikan dan menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari tentu dapat meningkatkan kualitas kesehatan.
Kehidupan modern menuntut seseorang bergerak cepat untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Hal tersebut membuat manusia berada dalam kondisi kelelahan, kurang tidur, stres, dan depresi yang menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Akhirnya, tubuh rentan terserang penyakit. Selain itu, kondisi lingkungan yang buruk, seperti polusi dan perubahan iklim juga mmenekan fungsi kerja sistem imun dalam melindungi tubuh dari segala gangguan penyakit.
Gaya hidup kembali ke alam (back to nature) yang menjadi tren saat ini membawa masyarakat kembali memanfaatkan bahan alam, termasuk pengobatan dengan tumbuhan berkhasiat obat (herbal). Sebenarnya penggunaan herbal sudah lama dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah satu upaya mengatasi masalah kesehatan.

No comments:

Post a Comment

Subscribe