Hari Ini Calhaj RI Bergerak ke Arafah

Sumber : JPNN

MAKKAH - Pagi ini (4/11) waktu Arab Saudi, para calon haji (calhaj) Indonesia akan bergerak ke Arafah. Mereka akan melakukan wukuf di Arafah yang jatuh pada Sabtu, 5 November 2011 (9 Dzulhijjah). ’’Secara umum jamaah besok (hari ini, Red) siap berangkat,’’ ujar Kepala Satuan Operasi Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) Abu Haris Mutohar di kantor Misi Haji Indonesia di Makkah, Arab Saudi, Kamis (3/11).

Para calhaj itu akan bergerak dari pemondokan masing-masing menggunakan bus yang sudah disediakan. Mereka akan dikoordinasikan oleh maktab masing-masing. Jumlah maktab sebanyak 72. ’’Bergantung maktabnya. Ada yang dibagi 3 trip pemberangkatan, ada yang dua trip,’’ jelasnya. Yang tiga trip, akan berangkat sebelum salat Jumat, setelah salat Jumat, dan malam hari. Sedangkan yang 2 trip, berangkat setelah salat Jumat dan malam hari.’’Itu terserah maktab. Kami hanya memastikan, semuanya terangkut,’’ tegasnya.

Hanya, para calhaj yang berangkat sebelum tengah hari harus membawa bekal untuk makan siang.’’Karena makan yang disediakan di Arafah dihitung mulai Jumat malam. Total makan yang disediakan di Armina 16 kali.

Sedangkan terkait tempat di Arafah, lanjutnya, juga sudah siap. Sejumlah permintaan dari pemerintah Indonesia seperti karpet baru, juga sudah disiapkan oleh Muassasah Asia Tenggara. Tenda-tenda besar bisa menampung 2500 hingga 3000 orang, sedangkan yang bentuknya kecil-kecil disekat bisa diisi 10 orang. Di Arafah, logistik, termasuk beras juga sudah siap.’’Nanti makannya prasmanan. Dimasak di situ. Para calhaj tinggal makan. Kami juga sudah buat edaran ke pemondokan agar para calhaj tidak khawatir, pasti semua kebagian,’’ jelasnya.

Abu berharap, para calhaj bisa melaksanakan wukuf dengan enjoy. Terpenuhi syarat dan rukunnya dan tidak mengkhawatirkan pelayanan seperti transportasi, katering, dan yang lainnya.’’Dengan adanya pelayanan ini di puncak ibadah haji, jamaah akan enjoy, tidak stres.’’ Imbuhnya.

Sementara terkait safari wukuf bagi calhaj yang sakit, jumlahnya belum bisa dipastikan. Namun, hingga Rabu malam, sekitar 81 calhaj akan disafariwukufkan.’’Kamis malam pukul 19.00 waktu setempat baru bisa dipastikan berapa yang disafariwukufkan. Kalau tahun lalu 104 orang,’’ ujar Kepala Seksi Bimbingan Ibadah Daerah Kerja Makkah Sahlan Arief  kepada INDOPOS di Makkah, Arab Saudi, kemarin.

Para calhaj sakit yang disafariwukufkan akan diberangkatkan dari Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI) pada 9 Dzulhijjah pukul 10.00 waktu setempat. Mereka yang masih bisa duduk akan dinaikkan mobil, sedangkan yang tidak bisa, akan dibawa dengan ambulans. ’’Mereka akan didampingi tim medis dan tim bimbingan ibadah. Baik petugas maupun yang sakit memakai pakaian ihram juga. Sampai Arafah, mereka hanya sekitar 1 jaman. Tetap di mobil, tidak bergabung dengan jamaah lainnya yang berada di tenda. Setelah itu kembali lagi ke BPHI,’’ terangnya. Selain safari wukuf, juga disiapkan badal haji. Namun berapa yang bakal dibadalkan, baru dipastikan Kamis malam. Tahun lalu yang dibadalkan berjumlah 136 orang. Sementara itu, hingga kemarin pukul 14.30 waktu setempat (17.30 WIB) calhaj yang meninggal sebanyak 105 orang. (zul)

No comments:

Post a Comment

Subscribe