banner here

Pengertian Pemasaran

- 5:54 pm
banner here
Istilah pemasaran secara etimologi berasal dari kata “pasar” yang mendapat awalan dan akhiran sebagaimana aturannya. menjadi kata “pemasaran”.  Pengertian pasar dapat dilihat dari pendekatan ekonomi mangandung makna sebagai tempat pertemuan antara penjual/produsen dangan pembeli/konsumen dalam rangka melaksanakan transaksi jual beli.  

Menurut pendekatan konsep pemasaran, pasar berarti individu/sekumpulan individu dan atau lembaga/organisasi yang mempunyai keinginan dan kemampuan untuk merealisir kebutuhan serta mau mengorbankan uangnya melalui proses pertukaran.

Atas dasar pengertian pasar tersebut maka pengertian pemasaran dapat diartikan dalam arti sempit dan dalam arti luas.  Dalam arti sempit pengertian pemasaran adalam sebagai proses penyampaian barang atau jasa dari produsen/penjual kepada konsumen/pembeli,  ini berarti produsen/penjual kurang memperhatikan kepuasan konsumen/pembeli.  

Sedangkan dalam arti luas pemasaran berarti suatu proses, sistem seni dan ilmu dalam rangka memberikan kepuasannkonsumen/pembeli sekaligus merealisir vol.ume panjualan dan tercapainya tujuan perusahaan.  

Hal ini sebagai mana dirumuskan oleh  Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management menyatakan bahwa pemasaran adalah serangkaian kegiatan manusia yang diarahkan untuk mempermudah/menyempurnakan proses pemenuhan kebutuhan melalui proses pertukaran.

Dilihat dari fungsi perusahaan maka pemasaran merupakan salah satu fungsi perusahaan yang sama-sama pentingnya bila dibandingkan dengan fungsi-fungsi perusahaan lainnya seperti fungsi produksi, keuangan, personalia,administrasi dan lainnya.   

Bahkan fungsi pemasaran manjadi semakin terasa lebih penting pada saat kondisi pasar menghadapi persaingan yang semakin ketat.  Secara teknis fungsi pemasaran sebagai suatu proses untuk merealisir volume penjualan atas produk yang telah diproduksi.
Advertisement advertise here

2 komentar

avatar
This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

Dalam arti sempit pengertian pemasaran adalam sebagai proses penyampaian barang atau jasa dari produsen/penjual kepada konsumen/pembeli, ini berarti produsen/penjual kurang memperhatikan kepuasan konsumen/pembeli.

 

Start typing and press Enter to search