banner here

Riset Pemasaran

- 6:15 pm
banner here
Riset pemasaran merupakan suatu proses, sistem  dan seni dalam rangka mencari, memperoleh data/informasi untuk dapat digunakan oleh para  manajer dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran.

Riset pemasaran dapat dilakukan secara formal maupun informal baik melalui studi pustaka maupun melalui stdi lapangan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan eksperimen khususnya mengenai aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan pemasaran.  

Pada dasarnya riset pemasaran relatif sama dengan riset-riset lainnya namun cenderung bersifat sosial.

Sebenarnya riset pemasaran tidak hanya dilakukan oleh perusahaan pada saat awal/sebelum kegiatan pemasaran diselenggarakan, namun cenderung /lebih tepat diselenggarakan setiap saat sehingga informasi mengenai pasar dan leingkungan lainnya selalu dapat diketahui dan pengambilan keputusan aspek pemasaran dapat lebih cepat.

Adapun bidang-bidang yang diteliti secara umum meliputi unsur-unsur lingkungan, baik intern maupun ekstern.  

Namun umumnya lebih sering  riset pemasaran dilakukan untuk mengetahui perilaku konsumen dan kondisi persaingan serta unsur-unsur lain yang langsung berpengaruh terhadap pelaksanaan bauran pemasaran perusahaan. 

Berkaitan dengan hal tersebut diperlukan adanya jaringan informasi yang baik sehingga tercipta komunikasi bisnis yang baik sekaligus riset pemasaran dapat terselenggara dengan sendirinya.  

Dari hasil riset pemasaran tersebut kemudian dilakukan pengukuran pemasaran (Market Measurement)

Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search