banner here

Waw...Internet bisa mencegah pikun? Apa iya?

- 8:09 am
banner here

Hari ini jalan-jalan ke blog kawan. Ada informasi menarik nih...Internet dapat mencegah pikun dan meningkatkan kerja otak. Logikanya ketika seorang blogger dan netter sedang mengotak-ngatik blog or webnya mereka mengerahkan kemampuannya untuk membuat blog or webnya dilirik orang. 

Mereka mengotak-ngatik desain dan memutar otak untuk membuat tulisan atau konten yang menarik yang diminati pengunjung. Dan ketika surfing secara tidak langsung otak kita telah dilatih. 

Apalagi untuk yang sudah lansia dapat meminimalisir kepikunannya bahkan dapat menjadi terapi, karena dengan bergumul di internet para lansia akan dilibatkan dengan sesuatu yang cukup rumit sehingga otaknya akan terlatih dan terus beraktivitas sehingga fungsi otak dapat dipertahankan.

Dengan surfing di internet, ibaratnya kita seperti membaca sebuah buku, sehingga bagian otak yang berfungsi untuk pengendalian bahasa, pengendalian daya ingat dan daya visual akan ikut bekerja, bahkan menambahkan aktivitas tambahan bagi otak yaitu untuk pengendalian keputusan dan pertimbangan.


Sebuah tim dari University of California Los Angeles menyatakan bahwa “searching” di Web dapat menstimulasi pusat-pusat otak yang mengontrol pengambilan keputusan dan Pemikiran-pemikiran yang kompleks.  

Pemimpin peneliti-Profesor Gary Small-mengatakan: “Hasil studi tersebut mendorong dan memunculkan teknologi-teknologi komputer yang memiliki pengaruh psikologis dan manfaat potensial bagi orang usia paruh baya dan orang-orang tua. Searching di Internet melibatkan aktivitas otak yang rumit, yang dapat membantu latihan dan meningkatkan fungsi otak”. 

Penelitian terbaru tersebut dilakukan pada 24 relawan yang berusia antara 55 dan 76. Setengah darinya merupakan pengguna internet dan sisanya tidak.


Ini yang membedakannya dengan membaca, karena bila kita surfing di internet maka kita akan dihadapkan dengan berbagai macam pilihan informasi yang harus kita pilih atau kita klik, dengan adanya keputusan yang harus dibuat inilah aktivitas bagian otak untuk pembuatan keputusan dan pertimbangan akan terus diasah.


Profesor Smith berkata: “secara sederhana, tugas sehari-hari seperti searching di Internet dapat meningkatkan “Perputaran” kerja otak pada orang dewasa, dan menunjukkan bahwa otak kita adalah sensitif dan dapat terus belajar seperti kita tumbuh menjadi tua”.


Nah, bila lansia sering2 mencari informasi di internet akan menghambat sejumlah proses penuaan pada otak seperti pengurangan atau penciutan aktivitas sel otak dan akan membuat orang tua ini tetap segar ingatannya.


Dan bagi yang masih muda-muda kayak kita bisa mengasah otak biar lebih cerdas...:) (Senengnya jadi blogger...hehe)

Apakah benar seperti itu? Tapi kalo dari segi logikanya memang iya...
Tapi jika anda seorang blogger or netter manfaatkanlah internet untuk sesuatu yang baik ya...

Advertisement advertise here

3 komentar

avatar

ada positif ada juga negatifnya sist apa2 serba google.. apalagi klo lagi pada UTS buka handphone trs search google deh

Kamu Blogger...? Yuk Ikutan Event Untuk Blogger Berhadiah Blakberry Playbook Berakhir 23 Desember 2011

avatar

mkin byk saja y fungsi internet akhir2 ini :)
jgn lupa mampir ke eMingko Blog

avatar

Logikanya mungkin seperti ini Sob. Setiap blogger atau netter dia setiap minggunya akan memperhatikan blognya, apalagi untuk urusan mencari uang di dunia blogging. He....x99

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

 

Start typing and press Enter to search