Malu Bicara Depan Umum Sudah Tak Jaman

Apakah anda seorang yang pemalu? Atau orang yang tak berani berkicau depan umum?

Wah seharusnya sudah tidak jamannya lagi jika kita tidak berani bersuara depan orang banyak. Sekarang di dunia nyata kemampuan berbicara depan umum menjadi salah satu modal penting dalam menempuh jalan kesuksesan. Mau bukti coba tengok para trainer atau pembicara-pembicara di seminar-seminar mereka memanfaatkan kemampuan beretorika dengan gaya bahasanya yang canggih di depan para peserta yang hadir. Gaya bahasa lisan dan tubuh yang bagus dan menawan berhasil menyihir para komunikan. Teringat seorang kawan yang sekarang sukses dengan "trainernya". 

Memang seorang pembicara sungguh menawan. Tapi anda harus tahu bahwa seorang pemalu pun bisa melakukan hal itu. Menjadi pembicara adalah sebuah keterampilan yang sebenarnya bisa dipelajari.
Cara berbicara bisa dilatih agar menjadi canggih. Langkah pertama bagi anda yang merasa kurang berani melakukan public speaking yang harus dilakukan adalah melakukannya. Maksudnya ketika anda memiliki kesempatan untuk melakukannya, maka lakukanlah. Mungkin pada awalnya akan ada satu keringat dingin yang mengajak teman-temannya untuk menyantroni tubuh anda. Tapi yakinlah jika anda sudah melakukannya sekali, anda akan benar-benar berhasil melakukannya. Melawan rasa takut hanya ada satu jalan yaitu melawan ketakutan anda dengan melakukan apa yang anda takuti tersebut. 

Percayalah ketika anda mencobanya, nyawa anda tak akan sekarat dan akan selamat. Lawanlah rasa takut. Ambil kesempatan untuk berbicara. 

Ada hal-hal yang harus diperhatikan ketika anda menjadi seorang public speaking yaitu :
  1. Penuhi otak anda dengan wawasan jadi ketika berbicara anda memiliki banyak topik yang akan dibicarakan. 
  2. Berpenampilan baik dengan pakaian yang rapi.
  3. Perhatikan peralatan-peralatan yang akan digunakan, seperti laptop, lcd, sound, dll.
  4. Mulailah berbicara dengan pembukaan yang meyakinkan.
  5. Jika tidak memakai sound keraskan suara anda, jika perlu cek dengan menanyakan kepada audiens "Apakah suara saya terdengar sampai belakang?"
  6. Berbicaralah seperti biasanya, dengan ketenangan, dan berilah senyuman.
  7. Akhiri dengan sebuah ungkapan bisa berupa motivasi atau nasihat dalam penutup.
Sekali lagi ingat. Lakukanlah. Lakukanlah. Lakukanlah. Maka anda akan terbiasa. Seseorang bisa menjdai ahli karena dia sudah terbiasa melakukannya. So, mulailah sekarang. Kalau tidak sekarang, kapan lagi.

Selain hal-hal diatas ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan public speaking agar informasi yang akan kita komunikasikan dapat tersampaikan dengan baik yang akan dibahas di artikel selanjutnya.

Semoga bermanfaat.

3 comments:

  1. mank bener keahlian bicara didepan publik dubutuhkan semua profesi..
    http://blogamirullah.blogspot.com/2012/01/wasiat-yang-tak-pernah-punah.html

    ReplyDelete
  2. yang penting harus PD and ngak demam pangung ya,,,hehhe thanks nice info,,, salam kenal ya ^^

    ReplyDelete
  3. rendy iya yg penting mah PD...lam kenal jg...

    ReplyDelete

Subscribe