Akibat dari Stress dan Cara Menanggulanginya


Akibat stress tergantung dari reaksi seseorang terhadap stress. Umumnya stress yang berlarut-larut menimbulkan perasaan yang tidak mengenakan seperti perasaan cemas, takut, tertekan, kehilangan rasa aman, harga diri terancam, gelisah, keluar keringat dingin, jantung sering berdebar-debar, pusing, sulit atau suka makan, dan susah tidur. Kecemasan yang berat dan berlangsung lama akan menurunkan kemampuan dan efisiensi seseorang dalam menjalankan fungsi-fungsi hidupnya, dan pada akhirnya dapat menimbulkan berbagai macam gangguan jiwa.


Ketika kita stress akan ada beberapa reaksi akibat stress yang kita alami. Reaksi tersebut berbeda-beda tergantung dari tingkat kedewasaan kepribadian, pendidikan dan juga pengalaman hidup seseorang. Beberapa reaksi yang akan timbul dalam menghadapi stress adalah :

  • Menghadapi langsung dengan segala resikonya
  • Menarik diri dan tak mau tahu menahu tentang persoalan yang dihadapinya atau lari dari kenyataan
  • Menggunakan mekanisme pertahanan diri


Ketika kita sedang dihadapkan dengan berbagai masalah yang mengakibatkan stress memang agak sulit untuk meredam reaksi stress. Untuk itu ada beberapa hal yang dapat menanggulangi stress, yaitu :

  1. Mengenal dan menyadari sumber-sumber stress.
  2. Membina Kedewasaan kepribadian melalui pendidikan dan pengalaman hidup.
  3. Pengembangan hidup sehat, antara lain dengan cara merasa cukup dengan apa yang kita miliki, tidak tergesa-gesa untuk mencapai apa yang kita inginkan dan kita butuhkan.
  4. Selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan senantiasa tetap beriman. Fikirkanlah semua kenikmatan yang telah kita dapatkan lebih banyak daripada penderitaan yang kita alami.
  5. Meminta bimbingan dan dukungan kepada keluarga, teman, sahabat, psikolog, atau orang-orang yang lebih dewasa  yang bisa diajak konsultasi.
  6. Hindari sikap-sikap negatif, antara lain memberontak terhadap keadaan, sikap apatis, marah-marah. Hal seperti itu tidak akan menyelesaikan masalah tetapi justru membuka masalah baru.
  7. Selalu berfikiran positif dan yakin bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.


Yang pasti stress yang kita alami tergantung sikap kita. Bagaimana kita menyikapi setiap masalah yang kita hadapi selalu berfikir positif atas segala sesuatu yang terjadi pada diri kita adalah salah satu kunci utama yang dapat membuka hati kita. Sehingga kita lebih baik dalam bersyukur atas apa yang diberikan Sang Pencipta.

Keep Spirit...

No comments:

Post a Comment

Subscribe