Navigation List

banner here

Bahaya Terpeleset di Kamar Mandi dan Cara Menghindarinya

- 8:01 pm
advertise here
Ketika kita terjatuh maka akan ada sesuatu yang terjadi pada tubuh, biasanya akan timbul rasa nyeri bahkan akan timbul memar. Apalagi jika terjatuh dan mengalami benturan cukup keras, maka tubuh bisa jadi akan mengalami cidera parah, seperti patah tulang.

Jika cedera yang lebih parah lagi bagian dalam tubuh kita bisa mengalami luka serius tanpa diketahui yang mungkin dapat menyebabkan kematian. Salah satu hal yang dapat menyebabkan cedera yaitu terpeleset. Kondisi terjatuh secara tidak sengaja karena ketidakseimbangan tubuh yang disebabkan kesalahan kaki saat berpijak.

Walaupun seperti hal sepele, ternyata terpeleset dapat mengakibatkan cidera serius lho. Kecelakaan karena kesalahan kaki berpijak ini dapat terjadi dimana saja. Seperti di rumah, jalan raya, taman, di kantor, dan lain-lain.

Nah, menurut pengalaman beberapa orang ternyata yang paling berbahaya yaitu terpeleset di kamar mandi. Kamar mandi biasanya berukuran tidak besar dan terdapat banyak peralatan-peralatan di dalamnya. Selain itu lantai kamar mandi biasanya lebih licin dibandingkan lantai ruangan lain di rumah kita.

Gambar: Google.com
Mengapa kamar mandi dijadikan tempat yang horor bagi yang terpeleset? Hal itu karena licinnya kamar mandi membuat orang terjatuh dan mencederai beberapa anggota tubuh yang penting dan rawan seperti tulang ekor, dada, dan kepala.

Artikel Terkait
advertise here

Adapun beberapa bahaya yang akan terjadi adalah :
  • Gangguan tulang ekor
Tulang ekor adalah tulang tersambung langsung ke tulang belakang, dan pada tulang belakang terdapat banyak syaraf-syaraf vital tubuh kita. Apabila kita terjatuh saat terpeleset langsung bertumpu pada tulang ekor maka akan menyebabkan cidera yang cukup parah yaitu pingsan, kelumpuhan atau stroke karena adanya gangguan tulang belakang.
  • Gangguan daerah dada
Setelah itu jika terjatuh mengenai dada akan mengganggu saluran pernafasan, tulang rusuk yang patah dan menggangu daerah vital yang berada di dada yaitu paru-paru dan jantung. Seseorang yang jatuh tepat di posisi dada akan mengalami dada sesak yang bisa menimbulkan kehilangan kesadaran.
  • Gangguan daerah kepala
Apabila terjatuh pada daerah kepala akan mengakibatkan gangguan daerah kepala. Dari yang ringan sampai yang berat tergantung keras atau tidak benturan yang terjadi. Cidera di kepala ini sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan beberapa gangguan seperti gegar otak bahkan amnesia.

Pada awalnya memang seperti hal sepele, tapi ternyata terpeleset di kamar mandi jangan dianggap hal yang biasa. Karena terjatuh karena terpeleset di kamar mandi lebih beresiko mengalami cedera dan yang paling mengerikan bisa menyebabkan kematian.

Hal itu terjadi karena saat seseorang ke kamar mandi pasti akan mengunci pintu kamar mandi dari dalam. Nah, ketika seseorang terjatuh dan kehilangan kesadaran, orang-orang di sekitarnya tidak akan langsung mengetahui kondisi tersebut. Akhirnya resiko meninggal dunia lebih besar karena terlambatnya penanganan.

Tentunya kita dan keluarga mengalami hal tersebut. Untuk itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kita tidak terpeleset di kamar mandi. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.
  • Bersihkan kamar mandi secara berkala 
Bersihkan kamar mandi setidaknya 3 kali sehari. Biasanya lebih dari 3 hari sisa-sisa sabun akan menempel di lantai apalagi yang sering mencuci di kamar mandi. Bekas air cucian sangat licin ketika tertinggal di lantai kamar mandi.
  • Usahakan seseorang mengetahui kita di kamar mandi
Beritahu keluarga kalau kita sedang di kamar mandi. Atau setidaknya ada yang melihat kalau kita masuk kamar mandi.
  • Tidak mengunci kamar mandi saat tidak ada orang di rumah
Hal ini mungkin tabu untuk dilakukan. Tapi untuk berjaga-jaga jangan kunci pintu kamar mandi saat di rumah tidak ada orang. Kuncilah pintu rumah utama saja. 
  • Buang peralatan tidak penting dan berbahaya
Singkirkan benda-benda tidak penting dari kamar mandi, apalagi benda-benda yang berbahaya. Ini dilakukan agar kamar mandi terasa lapang dan kita leluasa untuk beraktifitas di kamar mandi.
  • Tidak berlama-lama di kamar mandi
Nah terakhir lakukan aktifitas yang penting-penting saja di kamar mandi. Jangan berlama-lama sehingga resiko terpeleset di kamar mandi bisa dikurangi.

Terpeleset di kamar mandi memang berbahaya dan beresiko besar. Akan tetapi jangan sampai membuat kita takut ke kamar mandi ya. Asalkan tips yang dipaparkan tadi dilakukan, resiko terpeleset di kamar mandi seharusnya dapat dihindari.

Selain itu, agar tidak terpeleset di kamar mandi penting sekali mengetahui cara benar membersihkan kamar mandi. Jagalah keluarga kita dengan senantiasa rajin menjaga kebersihan kamar mandi. Hati-hati di kamar mandi ya..

Baca Juga

Advertisement advertise here

8 komentar

avatar

aku pernah terjatuh dari kamar mandi, untuk nya gpp
thank's infonya :D

avatar

yang terpenting selalu sadar saat di kamar mandi, jangan masih ngantuk jalan di kamar mandi.

avatar

hihi...iy juga...bener itu...

avatar

Kalau kita lgsg tidak sadar namun perlahan mulai ingat bgaimana?

avatar

Jika perlahan mulai ingat berarti itu pertanda baik harus disyukuri, tapi jangan sampai terpeleset, karena kamar mandi wilayah privasi jadi orang di sekitar kita bisa jadi tidak tahu.. thanks for comment..

 

Start typing and press Enter to search