Karakter Pribadi Unggul Kunci Terbaik Kesuksesan

Pic By: Google Picture
Karakter manusia merupakan gabungan dari kebiasaan-kebiasaan. Apabila usaha yang dilakukan positif dan selalu terus berulang melakukannya, maka orang itu telah mengembang sikap unggul. Sikap ini adalah salah satu kunci kesuksesan yang akan membawa kita ke pintu gerbang dan membuka kesuksesan. Keunggulan sikap hanya bisa didapat dari kebiasaan untuk berusaha mencapai kesuksesan tertinggi yang mampu ia raih. Dengan selalu melakukan apapun dengan kekuatan maksimalnya. Tak perlu permasalahkan hasilnya, yang utama adalah usaha yang dikerahkan, sudah all out apa belum. Kunci untuk mencapai keunggulan yaitu terletak pada pengembangan kebiasaan-kebiasaan sukses.

Berikut ini adalah delapan kebiasaan sukses yang dianggap tim psikologi Harvard Business School yang ditulis dalam bukunya Febe Chen sebagai kebiasaan para pemenang sejati dan patut dikembangkan untuk melatih juga membentuk karakter pribadi unggul.

Lima kebiasaan pertama difokuskan untuk pertumbuhan karakter, yaitu :

1. Bersikap proaktif, bukan reaktif.
Orang yang proaktif memiliki kemampuan untuk memilih suatu sikap yang bersidat positif, tanpa dipengaruhi oleh kondisi eksternal. Sedangkan, orang yang reaktif, sikapnya dipengaruhi oleh kondisi eksternal.

2. Berani mengambil tindakan atau resiko.
Jangan menunggu kesempatan, tapi ciptakanlah kesempatan. Tidak menimbulkan masalah, namun memecahkan masalah. Tidak mencari alasan, tapi mencari solusi. Tidak didorong, namun mendorong.

3. Selalu memulai dengan sasaran (goal) dalam pikiran.
Memvisualisasikan hasil akhir sebelum memulai sesuatu membuat kita fokus. Dan membantu kita mempertahankan tekad yang kuat untuk meraih tujuan itu.

4. Mendahulukan hal-hal yang utama (first thing first).
Selau memilih dan memilah prioritas kegaiatan yang dilakukan setiap hari. Utamakan kegiatan yang bermanfaat dan mendukung dalam pencapaian tujuan.

5. Mampu untuk memulihkan vitalitas diri secara konstan.
Proses ini menuntut kita menangani kesehatan fisik, mental, spiritual, dan emosional secara seimbang.

Selanjutnya tiga kebiasaan yang berkaitan dengan sikap seseorang terhadap orang lain, yaitu :

6. Selalu berfikir "Menang-Menang" (Win-win Solution).
Mengharapkan kemenangan bagi diri sendiri, tanpa mengharapkan kekalahan pihak lain. Win-win solution mengambil sikap kooperatif, bukan kompetitif.

7. Memahami, berempati, dan menghargai.
Ketiga sikap tersebut akan membuat orang disekitar kita akan selalu mendukung apa yang kita lakukan. Dengan adanya dukungan dari mereka, maka kesuksesan akan bisa diraih dengan mudah.

8. Bekerja dengan sinergi (kerjasama kreatif) dalam segala hal.
Ketika kita menerapkan sikap ini maka semua hal yang kita lakukan akan selalu mendapatkan hasil yang maksimal dan efektif, karena kerjasama yang kreatif akan membantu kita dalam beruhubungan dengan orang lain dalam menggapai kesuksesan.

Jika kita ingin sukses lakukanlah apa yang dilakukan orang sukses. Belajarlah dari pengalaman mereka. Bentuk karakter kita, karena kesuksesan sesungguhnya adalah apabila kita berhasil membentuk karakter diri menjadi seseorang yang selalu bersikap unggul. Kesuksesan ditangan mereka yang memiliki sifat dan sikap para pemenang. So, take action now...

3 comments:

  1. Wah Super tipsnya! Salam super n persahabatan

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Subscribe