banner here

Kenali Penularan Virus Singapura

- 8:02 am
banner here
Virus Singapura biasanya dikenal dengan penyakit tangan, kaki, dan mulut. Penyakit ini sering ditemui pada anak dan bayi kira-kira usia 2 minggu sampai 5 tahun dengan masa inkubasi 3-7 hari. Ketika anak menderita penyakit ini, mereka akan merasa sangat menderita karena gejalanya berupa demam dan gangguan lain di daerah tangan, kaki, dan mulut. Bahkan gangguan di mulut dapat menyebabkan kesulitan menelan makanan. Penyebab penyakit ini adalah enterovirus, coxsackievirus A16, EV 71 dan echovirus. Penyakit ini sering terjadi pada musim panas.

Agar kita tidak terjangkit penyakit ini,  maka kita harus mengenali cara penularan virus ini. Dibawah ini adalah beberapa cara penularannya.


  • Penularan Kontak Langsung

Penularannya melalui kontak langsung dari orang ke orang yaitu melalui droplet, pilek, air liur, tinja, cairan dari vesikel atau ekskreta.Penularan kontak langsung bisa tertular saat kita berada di luar rumah. Apalagi virus melalui cairan karena flu. Karena ketika flu biasanya akan bersin-bersin secara terus menerus. Ketika orang yang terjangkit virus itu bersin maka air liurnya bisa saja mengenai kita.

  • Penularan tidak langsung
Penularan ini sangatlah berbahaya karena tidak ketahuan saat penularannya. Penularan kontak tidak langsung yaitu melalui barang, handuk, baju, peralatan makanan, dan mainan yang terkontaminasi oleh sekresi itu. Tidak ada vektor tetapi ada pembawa penyakit seperti lalat dan kecoa. Pada saat di luar rumah anak akan rentan sekali tertular. Contohnya ketika di sekolah, tempat penitipan anak, dan ketika bermain dengan teman-temannya.


Saat ini virus Singapura sedang mewabah di Indonesia. Beberapa balita terkena virus yang sangat menjengkelkan ini. Jagalah kebersihan tempat tinggal dan kenali orang-orang yang berhubungan dengan anak kita. 
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search