Hikmah dibalik Sebuah Proses

Pagi ini merenungkan sesuatu. Bagaimana ketika sebuah kehidupan manusia dijadikan sebagai hikmah tanpa batas. Dalam setiap kejadian akan ada suatu pesan yang bisa kita rangkum. Entah itu pesan singkat ataupun pesan yang panjang, sepanjang jalan dakwah. Tapi sejauh apapun panjang sebuah cerita hikmah, yang terpenting adalah kita sadar akan pesan yang disampaikan, belajar, dan kemudian memperbaiki dan mengimplementasikan.
Sesungguhnya sangat tidak mudah untuk peka terhadap kode-kode yang Allah berikan kepada kita. Ketika kita agak-agak melenceng, dengan kasih sayangnya Rabb kita memberikan suatu proses hidup berupa teguran-teguran berupa cerita hidup yang buruk alias terkena masalah. Berharap kita menyadari kesalahan kita. Akan tetapi sedikit orang yang langsung mengerti tentang teguran atau pesan yang disampaikan. Sehingga akhirnya bagi yang belum faham mohon maaf pasti kita akan terus di uji dengan masalah yang sama. Dan itu sudah keberuntungan yang tak terhingga. Bagaimana tidak. Allah dengan kasihNya memberikan kesempatan remidial. Coba jika kita dicuekin, pasti tak ada kata ampun kalau tidak lulus langsung ketok palu memutuskan kita tidak lulus.

Kehidupan adalah sebuah proses. Dan tak ada penilaian terbaik kecuali penilaian terhadap proses. Dan kabar baiknya Allah SWT sangat menghargai sebuah proses. Proses yang baik maka akan dibayar dengan pahala. Selanjutnya bonus paling berharga dari sebuah proses adalah sebuah hikmah yang tadi dibicarakan panjang kali lebar di paragraf atas. Sampai detik ini pun saya masih meyakini orang yang paling beruntung adalah seseorang yang dapat mengambil banyak hikmah dari satu proses. Akan ada berbagai hikmah dibalik sebuah proses yang kita lakukan. Dan berarti akan ada tambahan pahala jika kita berusaha memperbaiki sebuah proses yang keliru dengan membaca hikmah Allah. Kuliah yang nyata, sekolah yang pasti, dan pendidikan yang tidak diragukan akreditasinya. Tarbiyah kehidupan hikmah dibalik proses. Semoga kita termasuk golongan yang menyadari akan hal itu. Terus berproses dan ambil hikmahnya niscaya kita akan menjadi orang yang super beruntung. Sahabat sampai berjumpa di bawah pohon hijau di pinggir sungai susu. Di surga.^^

No comments:

Post a Comment

Subscribe