Strategi Membangun Relasi Bisnis

Apakah kawan pernah mendengar pepatah, "Yang paling penting bukan apa yang engkau tahu, tetapi siapa yang engkau kenal". Pepatah ini mungkin adalah salah satu pepatah paling terkenal di dunia. Tetapi yang sama pentingnya adalah apa yang anda tahu tentang siapa yang kita kenal. Pepatah ini benar sekali.

Tentu saja, apa yang kita tahu memang sangat penting karena dunia yang sangat kompetitif dewasa ini, orang hanya mau berhubungan dengan profesional yang pandai dan benar-benar ahli di bidangnya. Namun, ketika ada begitu banyak pilihan orang berbakat, harus ada hal lain yang dapat menjadi ciri khas. Oleh karena itu membangun relasi itu penting, sama pentingnya dengan hidup kita.

Banyak orang bisnis yang beranggapan bahwa kemampuan membangun relasi hanya untuk kepribadian-kepribadian tertentu alias bawaan lahir. Ungkapan ini salah besar. Semua orang bisa membangun relasi.

Dibawah ini beberapa strategi membangun relasi yang bisa diterapkan sehari-hari :
  1. Apa yang kita tahu akan bermanfaat bagi orang yang kita kenal. Apa yang kita tahu akan mempengaruhi keberuntungan yang akan anda dapatkan. Usahakan anda mengetahui sesuatu walaupun sedikit. Karena itu akan menjadi modal anda dalam menyambungkan komunikasi dengan orang lain.
  2. Buatlah agar orang yang kita ajak bicara merasa dirinya adalah orang terpenting yang pernah anda temui.
  3. Jagalah reputasi bagaikan sesuatu yang kita sayangi.
  4. Tanggapi kolega walaupun tidak ada sangkut pautnya dengan pekerjaan, maka dia akan menghargainya, dan kesetiannya pun akan tumbuh.
  5. Bangunlah! Sadari apa yang kita lakukan dan tidak anda lakukan serta dampaknya terhadap orang lain.
  6. Berusahalah membuat diri kita jadi lebih baik setiap hari.
  7. Jika kita seorang pemalu, upayakan kita mengatasinya.
  8. Jangan mengubah jati diri, tapi ubahlah cara berfikir kita.
  9. Ambil alih tatapan mata orang di depan kita.
  10. Tindak lanjuti sesuatu yang telah kita lakukan dengan kolega kita.

Nah, itulah 10 strategi membangun relasi. Strategi ini tidak berlaku bagi seseorang yang hanya membacanya saja tanpa ada aksi. Lakukan saja, maka kita akan melihat hasilnya dan tersenyum puas atas apa yang kita lakukan. Membangun relasi lebih luas akan membuat kita lebih mudah menjalankan hidup kita terutama dalam berbisnis. Selamat berstrategi.

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Subscribe