banner here

Siap-siap Musim Hujan

- 6:47 am
banner here
Sudah lama tidak posting, untuk pagi ini saya melihat langit mendung. Biasanya disambut matahari cerah dan panasnya yang mulai terasa di daerah Bandar Lampung. Tapi berbeda dengan hari ini, awan mendung sudah hadir dari kemarin sebetulnya dan mungkin akan berlanjut ke hari-hari berikutnya. Ramalan cuaca pada pagi ini di televisi pun menunjukkan akan datangnya musim penghujan.
Untuk itu ada beberapa hal yang harus dilakukan agar pada musim penghujan nanti kita tidak mengalami kerugian. Jangan sampai hujan yang penuh berkah malah diributkan dengan sesuatu yang merepotkan.

Dibawah ini hal-hal yang perlu kita lakukandi menyambut musim hujan :

1. Membenahi selokan dan sungai dekat rumah dan membersihkannya dari sampah.

Sampah yang menumpuk di selokan akan menyumbat aliran air hujan. Jika tersumbat maka akan    terjadi banjir. Tentunya kita tidak mau rumah kita tergenang air kan, apalagi air kotor. Apalagi di daerah Jakarta mesti cepat-cepat berbenah, kalau tidak maka banjir tahunan pun akan terulang kembali karena kesalahan masyarakatnya yang selalu buang sampah ke sungai. Hmm...

2.  Mengecek dan membenahi genteng rumah.

Yang ini tidak kalah penting. Repot dong kalau seandainya pas hujan kita repot bawa wadah ember atau baskom sana-sini untuk menampung air hujan. Pasti kalau sudah genteng bocor gak akan nyenyak tidur.

3. Mengubur barang-barang bekas yang menggenangkan air.

Ketika hujan maka akan banyak air yang tergenang di barang bekas seperti kaleng, ban bekas, botol air mineral dll. Kita sudah tahu bahwa nyamuk suka sekali dengan air tergenang. Kita tidak boleh memberikan kesempatan kepada nyampuk untuk berkembang biak, apalagi nyamuk demam berdarah. Di musim penghujan rentan sekali terkena penyakit Demam Berdarah (DBD), untuk itu kita harus segera bertindak demi kesehatan dan jiwa kita dan keluarga.

4. Sedia payung dan jas hujan.

"Sedia payung sebelum hujan". Peribahasa yang tak asing lagi bukan. Betul sekali peribahasa ini, payung dan jas hujan sangat diperlukan, apalagi bagi kita yang beraktifitas di luar. Yuk jualan payung dan jas hujan, eh salah. Maksudnya yuk sedia payung dan jas hujan.

5. Jaga stamina tubuh.

Ketika perubahan cuaca terjadi maka tubuh kita akan bereaksi. Saat itulah tubuh kita rentan terserang virus. Jika imun kita baik maka virus tidak akan mempan terhadap tubuh kita, tapi kalau tubuh kita sedang tidak fit, maka rentan sekali terserang penyakit. Makanya kita jaga kesehatan sedini mungkin, contohnya : banyak minum air putih, sarapan pagi, hindari makanan dan minuman yang tidak sehat, minum dan makan vitamin, dll.

Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan sebelum musim penghujan datang. Mudah-mudahan hujan di bulan-bulan ini menjadi suatu keberkahan bukan petaka. Yuk lakukan sekarang, sebelum menyesal kemudian.
Advertisement advertise here

1 komentar:

avatar

sangat bermanfaat sekali artikelnya.. mantap

sekalian mampir ya

http://srimol.blogspot.com/

 

Start typing and press Enter to search