banner here

5 Cara Menulis bagi Pemula

- 2:47 pm
banner here
Sudah lama tidak posting. Rindu nian rasanya. Diingatkan kembali oleh sebuah judul buku tentang 12 cara menulis. Hmm..Kata orang kalau nulis itu susah. Udah ada keinginan dan niat menulis tapi kalau sudah dihadapkan dengan kertas kosong atau layar laptop yang bersih jadi ngebleng. Bener gak?

Kadang-kadang admin juga sama, kalau lagi gak ada ilham dan inspirasi ya pening  juga. Pernahkah admin kepikiran bikin buku? Pernah lah. Seneng sekali rasanya kalau lagi ngawang-ngawang ngebayangin jadi penulis terkenal. 

Sekarang penulis banyak banget. Buku-buku betebaran dimana-mana, dari mulai buku yang penting ampe yang gak penting-penting amat. Dari mulai yang tipis ampe yang tebelnya sampai bikin mual ngeliatnya (apalagi bacanya, pasti kalo admin mah langsung pingsan, hehe. Maklum walau suka wara wiri nulis admin kurang suka baca buku tebel2).

Yowes daripada admin makin ngawur kita langsung bahas inti pembicaraan kita, yaitu  tentang 5 cara menulis bagi pemula. 

Sebetulnya tips dan trik ini berasal dari buku karya Indari Mastuti yang berjudul Ternyata Menulis Itu Gampang yang mengupas tuntas 12 kemudahan dalam menulis. Tapi admin akan mengambil beberapa yang penting bagi penulis pemula yang admin rangkum dalam 5 cara menulis bagi pemula. 


Jadi bagi kita-kita, yang pemula 5 cara menulis adalah : (konsentrasi ya...)

1. Menulis dengan melupakan teori
Nah ini bagian yang ane suka. Emang segala sesuatu itu langsung praktek aja. Titik koma jangan  dirisaukan dulu. Jadi kita nulis aja terus apapun yang ada dipikiran kita. Trus masalah EYD lupain sejenak. 

Untuk masalah ada yang salah atau nggak nanti kan bisa di edit kalau memang yang diperlukan tulisan formal. Nah, kalau ada orang yang bilang tulisan kita gak bagus jangan didengar yang penting kita nulis aja dulu. Dan yang paling jitu adalah ikuti kata hati dalam menulis, apapun yang hati bisikan, hehe.

2. Menggali ide dari pengalaman pribadi
Cara kedua biar temen-temen bisa nulis, tulis aja pengalaman pribadi atau boleh pengalaman orang lain. Biasanya pengalaman pribadi lebih leluasa nulisnya. Ada yang suka bikin diary? Kalo yang terbiasa buat diari nulis jadi lebih mudah. Toh nulis diary pun tetep aja nulis. 

So, kalau kamu suka nulis diary itu kabar gembira bagi kamu pribadi. Kalau gak suka nulis diary, nulis status d FB atau Twitter suka kan ;) . Update status menurut admin itu sudah ajang menulis ya kawan-kawan. 

Paling jitu belajar nulis itu di blog, kayak admin gini. Beberapa pengalaman pribadi yang bisa kita tulis itu seperti pelepas duka, rahasia tak terbagi, iklim keluarga, masa lalu, tentang anak kecil, kisah sahabat, atau pengalaman-pengalaman lain yang kawan-kawan alami.

3. Memulai dengan yang kita pahami
Nulis yang paling mudah adalah membahas sesuatu yang kita pahami. Biasanya lebih mudah karena kita tahu apa yang harus kita ungkapkan dalam tulisan. Kalau kita bahas yang kurang kita pahami takutnya ada teori yang salah yang kita tulis. So, tulis aja yang kamu tahu dan pahami.

4. Penulis membaur dengan lingkungan
Ini yang paling penting. Kalau ingin banyak inspirasi dalam menulis maka banyak-banyaklah memperhatikan lingkungan di mana kita berada. Perhatikan hal-hal sekecil apapun. 

Membaca adalah jalan biar kita lancar menulis. Akan banyak kosakata yang bisa kita adopsi dari tulisan orang lain. Kayak admin, hehe. Kalau kita pengen bisa nulis maka belajar lah sama penulis yang sudah duluan nulis. 

Selain itu aktiflah menuangkan isi hati ketika dimanapun kita berada. Trus kita juga harus sering ngobrol alias berkomunikasi (asal jangan gosip aja ya.. :).

5.Menyempurnakan tulisan dari saran dan kritikan orang lain
Nah kalo kawan-kawan sudah siap menjadi penulis yang go publik monggo kasih tau orang-orang di sekitar dan minta untuk dibaca tulisannya. Mintalah saran atau mingkin kritikan agar tulisan kita menjadi lebih baik lagi.

Sip...Sekarang tinggal dipraktekan ya Sob. Gak ada guna kawan-kawan baca tulisan ini kalau gak dipraktekin. Ayo nulis. Kalo pengen bener-bener bisa nulis kita harus berani memulai. Ambil buku dan pena. Atau ambil hp dan laptop. Menulislah, sebelum menulis itu dilarang, piss ;).

Salam buat para penulis Indonesia..
Dari admin yang lagi belajar nulis..

Advertisement advertise here

2 komentar

avatar

POIN NO 2 DAN NO 3 merupakan acuan saya dalam menulis artikel,,,,,memang benar sich apa yang dituliskan oleh admin.mksih admin

avatar

Betul, no 2 dan 3 paling enak untuk yang baru mulai menulis..

Iya sama2..

Happy writing..

 

Start typing and press Enter to search