banner here

Guru itu...

- 1:10 pm
banner here
Guru.
Hari ini banyak gambar yang di share di jejaring sosial mengenai guru. Tentu saja hari ini adalah Hari Guru Nasional, tepatnya tanggal 25 November.

Gegara banyak yang membicarakan guru. Jadi tertarik bahas tentang guru.

Pengertian guru yang saya cari dari mbah Google banyak sekali. Coba kita lihat dari Wikipedia.
"Guru (bahasa Sanskerta: गुरू yang berarti guru, tetapi arti secara harfiahnya adalah "berat") adalah seorang pengajar suatu ilmu. 

Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik."

Kalau dari pengertian di atas guru itu tenaga pengajar di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya. Biasanya kita mengenal guru itu di sekolah. Jika di sekolah, guru yaitu tenaga pengajar yang mengajarkan siswa mempelajari ilmu sesuatu dengan kurikulum yang telah disesuaikan. Guru sekolah saat ini bisa kita temui dari mulai tahap PAUD atau Pendidikan Usia Dini sampai ke jenjang paling tinggi.




Tapi jika pengertian guru hanya diartikan begitu sempit seperti diatas sepertinya agak berlebihan kalau harus diperingati sebagai hari nasional. Karena pada kenyataannya profesi guru di Indonesia sebagian orang menganggap sebagai mata pencaharian semata untuk mendapatkan gaji belaka. Jadi banyak guru yang mengajar sekedarnya dan (maaf) memakan gaji buta.

Saya pikir pengertian guru adalah seseorang atau sesuatu yang mengajarkan kita tentang hal yang sebelumnya tidak kita ketahui. Dikatakan seseorang karena dia manusia dan dikatakan sesuatu tentunya itu bukan manusia. 

Siapapun bisa menjadi guru. Bahkan seseorang bisa menjadi guru untuk dirinya sendiri. Sesuatu pun bisa menjadi guru. Pernah dengar pepatah, "Pengalaman adalah guru yang terbaik"? Tentunya pernah. Kita juga bisa belajar dari angin, hujan, tanah, api, daun dan apapun yang ada disekitar kita. Bahkan hewan pun bisa menjadi guru kita. Seperti semut yang terkenal dengan persaudaraan dan kerjasama antar sesama.




Sebagian besar orang mengartikan memperingati hari guru adalah memperingati profesi guru sebagai pendidik di sekolah. Tapi apa tidak sedikit keliru. Guru diperingati bukan karena orangnya atau profesi kerjanya, tapi karena pengaruhnya yang besar bagi individu sebagai bangsa yang membangun negara. Jadi bukanlah profesi kerja sebagai guru yang harus dibanggakan, karena guru bukan untuk tenaga pengajar di sekolah saja, bukan hanya pengajar di universitas saja. Tapi guru adalah semua orang.

Ada pernyataan, kemajuan sebuah bangsa ditentukan oleh kemampuan guru untuk mengubah karakter generasi penerusnya ke depan. Tanpa figur guru, mungkin bangsa besar seperti Indonesia tidak akan dapat menikmati hasil jerih payah putra-putri nusantara yang sudah mendorong perkembangan tersebut.  Akan tetapi, jika pengertian guru hanya dibatasi sebagai tenaga pendidik di sekolah alangkah sulitnya merubah negara ini menjadi Indonesia sejati, menjadi Nusantara yang paripurna. Akan sulit. Buktinya banyak siswa yang masih suka tawuran dan keburukan lain yang tak sanggup untuk dirinci satu persatu.

Jadi, Indonesia akan tetap Nusantara jika bangsa ini sadar bahwa guru itu adalah bangsa itu sendiri. Semua individu adalah guru. Orang tua adalah guru bagi anaknya, anaknya guru bagi orang tuanya, kakak guru bagi adiknya dan sebaliknya, tetangga guru bagi tetangganya yang lain, temannya menjadi guru bagi temannya yang lain. Saling mengingatkan antara satu dengan yang lain menuju kebaikan. Menjadi guru antara satu dengan yang lain menuju perbaikan dan perubahan. Alam semesta pun menjadi guru bagi manusia.



GURU itu apapun. Apapun yang membuat kita tahu sesuatu, yang membuat kita sadar sesuatu, yang membuat kita menemukan jati diri yang sesuangguhnya, yang membuat kita menjadi manusia yang sesuai fitrahnya sebagai manusia yang baik.

So, sadarlah guru itu aku, kamu, kita, kalian. Yuk jadi guru yang baik...^^

Selamat Hari Guru Nasional...^^




Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Guru
Gambar:
chien-puterirahsia.blogspot.com
mbahjiwo.com
keindahan-nusa.blogspot.com
 
 

Advertisement advertise here

5 komentar

avatar

Hooo, lebih kinclong dan ga rame lagi kayak yang dulu. Lebih suka suka suka ^^

avatar

hehe...sesuai suasana hati... :)
Jazakillah sudah berkunjung... Aara Aaira Fillah...

avatar

Teh, kamu ingat kan ini siapa?

avatar

iya inget... Esy Andriyani...

 

Start typing and press Enter to search