Sharing artikel bermanfaat tentang kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan berita-berita terkini

Kunci Meraih Kesuksesan Dalam Hidup dan Karier


Kunci Meraih Kesuksesan Dalam Hidup dan Karier- Apakah kamu ingin sukses? Tentu saja pasti jawabannya iya. Siapapun tentunya ingin meraih kesuksesan dalam hidup dan kariernya. Tapi walaupun keinginannya sama, kebanyakan orang malah tidak tahu dan bingung bagaimana meraih kesuksesannya. Sebenarnya ada sebuah kunci rahasia untuk bisa sukses baik dalam hidup maupun karier yaitu kompetensi. Ya, kompetensi diri yang dimaksimalkan akan membawa kita menjadi lebih mampu meraih kesuksesan.

Kompetensi terdiri dari faktor teknis dan nonteknis, kepribadian dan tingkah laku, softskill dan hardskill. Saat ini setiap orang dan perusahaan-perusahaan lebih memperhatikan kompetensi diri seseorang, karena jika kompetensinya bagus maka kinerjanya pun akan bagus.
Setiap pekerjaan merupakan cermin diri orang yang melakukannya. Apa yang dilakukan pada pekerjaannya menunjukkan bagaimana ia menguasai pekerjaan itu.

Sekarang pertanyaannya, bagaiamana kita dapat mengembangkan  kompetensi sebagai Kunci Meraih Kesuksesan Dalam Hidup dan Karier?
Dibawah ini ada enam kunci agar menjadi seseorang yang berkompeten.
  • Keterampilan  
Keterampilan yaitu keahlian dan kecakapan seseorang untuk melakukan sesuatu dengan baik, seperti : mengemudi, penguasaan bahasa, atau memperbaiki barang.
  • Pengetahuan
Cakupannya yaitu pengetahuan akan informasi atau penguasaan seseorang atas bidang ilmu tertentu, seperti ilmu ekonomi akuntansi.
  • Peran Sosial
Peran sosial yaitu citra diri yang diproyeksikan atau ditampilkan kepada orang lain, misal dia menjadi pengikut atau pemimpin.
  • Citra Diri
Maksudnya adalah persepsi seseorang tentang dirinya sendiri, misalkan dia menilai dirinya sebagai seseorang yang tekun dan bertanggung jawab.
  • Sifat dan Karakter
Sifat dan karakter biasanya benar-benar sudah melekat pada dirinya dari sebuah kebiasaan yang dilakukan. Polanya relatif konstan pada tingkah laku seseorang. Misalkan, dia seorang pembelajar yang tekun, disiplin, pengajar yang sabar, dan lain-lain.
  • Motivasi
Motivasi merupakan pendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi bisa berasal dari dirinya sendiri atau dari orang lain. Yang paling baik adalah ketika seseorang mampu memotivasi dirinya sendiri. Contohnya, dorongan untuk berprestasi, untuk sukses dalam hidup.


Kompetensi itu ibarat "gunung es". Coba kita bayangkan, gunung es menyembul di tengah lautan. Keterampilan dan Pengetahuan membentuk puncaknya dan berada/terlihat di atas air. Tapi yang paling penting adalah bagian yang tidak terlihat yang berada di bawah air yang merupakan pondasi penting yang berpengaruh terhadap bentuk puncaknya. Pondasinya adalah Peran Sosial dan Citra diri yang berada di alam "sadar" seseorang dan Sifat juga Motivasi yang berada di "alam bawah sadar" kita.

Keberhasilan bukanlah tujuan, melainkan suatu perjalanan; arah dari perjalanan kita.

Kesuksesan adalah milik orang yang bertindak untuk memperbaiki diri. Kalau ingin sukses langsung melakukan sesuatu untuk meningkatkan kompetensi diri. Perhatikan keenam kunci diatas dan evaluasi setiap perkembangannya. Maka, yakinlah kita akan berhasil menjadi orang sukses dengan mempraktekan Kunci Meraih Kesuksesan Dalam Hidup dan Karier.
Share:

2 comments:

  1. Terimakasih atas kunci ini sangat berguna. Semoga saya bisa menjadi orang yang sukses dalam hidup dan karier. :) :)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Populer Minggu Ini

Total Pageviews

Search This Blog

Lihat Arsip

Opini Pemimpi. Powered by Blogger.

Subscribe

Artikel Spesial

Ingin Kulit Muka Sehat dan Cerah Tanpa Bahan Kimia, Yuk Intip Rahasianya Disini!

Picture: Orami Magazine Bismillaahirrohmanirrohiim.. Hai temen-temen, gimana kabarnya? Semoga hari ini pada semangat ya.. Kali i...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *

Kawan-kawan Blog

Banyak Dibaca

Recent Posts