banner here

Persahabatan Kandas? Mungkin 5 Hal Ini yang Terjadi

- 1:11 pm
banner here
Hai, kembali lagi bersama saya, bagaimana kabar semuanya? Semoga baik-baik ya.
Kali ini saya akan membahas sesuatu yang mungkin rada bikin baper (bukan curhat, haha). Topik yang biasanya dialami manusia, terutama kawula muda yaitu persahabatan.

Ada yang bilang persahabatan bagai kepompong, mengubah ulat menjadi kupu-kupu. Jujur saya belum faham, itu maknanya seperti apa. Kok persahabatan diibaratkan kepompong. Mungkin ada yang tahu, boleh komen.

Siapa yang tidak punya sahabat? Hmm, sebagian besar manusia sepertinya punya sahabat. Kita pernah dengar namanya sahabat dan teman. Kira-kira apa bedanya.

Kalau menurut saya, sahabat itu lebih mendalam dari teman. Mereka yang menjadi sahabat ada dikala senang maupun susah, ada di setiap kondisi, tahu tentang kita lebih banyak dari orang lain. Kalau teman tidak mengenal kita secara mendalam, hanya tahu permukaannya saja, seperti klien, teman kerja, teman sekolah, dll.

Persahabatan ternyata tidak dibatasi hanya dengan manusia saja lho. Karena ada istilah juga seperti bersahabat dengan alam, dengan hewan, tanaman. Nah, kita fokus ke persahabatan manusia dengan manusia.

Seseorang dapat bersahabat dengan orang lain bisa karena beberapa faktor. Beberapa hal yang membuat dua orang atau lebih bersahabat yaitu:

  • Memiliki satu tujuan
  • Mengalami permasalahan yang sama
  • Saling mengisi kekurangan satu sama lain
  • Terlalu sering bertemu
  • Memiliki kesamaan cara berfikir
  • Memiliki sifat yang sama
  • Memiliki hobi yang sama
  • Cocok tanpa tahu sebabnya
  • Karena iman

Itu beberapa hal yang membuat seseorang bersahabat dengan yang lainnya. List diatas itu sesuai dengan pengalaman saya pribadi, jadi kalau ada yang mau menambahkan monggo silahkan komen dibawah.

Apakah persahabatan akan selalu abadi? Sebetulnya tidak ada yang abadi di dunia ini ya. Semuanya selalu ada awalan dan akhiran, selalu ada pertemuan dan perpisahan. Tapi, kabar baiknya salah satu yang bisa abadi yaitu persahabatan lho, nanti saya kasih tahu di akhir.

Kali ini saya akan membahas topik sesuai judul, kesalahan-kesalahan apa yang membuat persahabatan kandas. Ternyata ada beberapa kisah persahabatan yang kandas lho. Kira-kira apa penyebabnya? Yuk, simak beberapa alasannya dibawah ini.

  • Sudah berbeda tujuan hidup
Diawal disebutkan salah satu yang membuat persahabatan seseorang timbul karena satu tujuan. Nah, ternyata perbedaan tujuan akan membuat persahabatan berakhir. Tujuan yang dimaksud adalah tujuan kehidupan. Si A berprinsip hidup itu asik-asik saja sehingga terjerumus kedalam hal-hal buruk. Sedangkan si B bertujuan hidup hanya sementara di dunia maka harus banyak beramal dan berbuat baik. Mungkin awalnya akan bisa mempertahankan, tapi lambat laun perlahan-lahan akan timbul ketidaknyamanan satu sama lain.

  • Pertengkaran
Nah ini lebih seperti drama. Faktor yang menyebabkan persahabatan berakhir adalah pertengkaran. Seperti si A menyebarkan rahasia dan aib si B kepada orang lain, bersikap iri dengki terhadap sahabatnya sendiri yang membuat pertengkaran. Kalau tidak disikapi dengan bijak hal ini akan menimbulkan ketidakpercayaan antara satu dengan yang lain. Bahkan bisa jadi hubungan persahabatan akan menjadi permusuhan, naudzubillah.

  • Sudah memiliki sahabat baru
Kalau yang ini tidak terlalu ekstrim, tapi untuk beberapa orang bisa membuat galau akut. Akan selalu datang yang baru di dalam kehidupan kita termasuk orang-orang yang kita temui. Beberapa kasus ada yang persahabatannya berakhir karena bertemu dengan orang baru yang lebih cocok. Sebetulnya ada beberapa orang saja yang seperti ini, biasanya dia memiliki sifat hanya bisa fokus pada satu orang. Tapi banyak juga yang tetap bertahan, bahkan jika ada orang baru sahabatnya jadi banyak.

  • Sudah lama tidak bertemu
Nah penyebab selanjutnya karena sudah lama tidak bertemu. Mungkin ada yang pernah punya sahabat di SD, SMP, SMA, atau saat perkuliahan. Dulu kita memiliki sahabat yang sangat dekat, akan tetapi karena jarak dan waktu yang tak memungkinkan bertemu. Kondisi seperti ini akan membuat rasa tidak sama lagi dan kita sudah bertemu dengan orang-orang baru.

  • Sama-sama memiliki kesibukan baru
Kesibukan baru yang terjadi antar sahabat juga bisa merenggangkan lho. Mungkin ada yang punya pekerjaan baru, pindah domisili, sekolah ke luar kota, menikah, dll. Kalau yang ini bisa disiasati dengan adanya komunikasi, baik tidak langsung, maupun bertemu langsung (meet up). Biasanya yang satu ini tidak terlalu parah hanya saja pasti ada perbedaan.

Itulah 5 hal yang membuat persahabatan seseorang kandas. Sebenarnya tidak tega membuat judul seperti itu, kesannya terlalu ekstrim, heuheu.

Sebetulnya penyebab persahabatan kandas diatas dapat dicegah dengan meluruskan niat dalam bersahabat. Karena sebetulnya persahabatan itu bisa abadi sampai akhirat kelak. Hubungan tidak akan abadi jika alasannya hanya perkara dunia saja. Maka, kalau ingin persahabatannya abadi niatkannya harus baik dan karena alasan yang jangka panjang, yaitu akhirat.
Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar persahabatan abadi.

  • Luruskan niat karena Allah
  • Cintai ia karena Allah
  • Selipkan namanya dalam do'a
  • Maafkan kesalahannya
  • Menjalin komunikasi, tanyakan kabar
  • Bantu jika ia dalam kesulitan
  • Menguatkan saat dalam kesedihan
  • Ikut berbahagia saat ia bahagia
  • Nasihati dengan baik saat ia melakukan kesalahan

Kira-kira mau yang mana? Persahabatan yang kandas atau persahabatan yang abadi? Kalau ingin yang abadi maka lakukan hal-hal yang baru saja saya list. Oke, mungkin sekian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan semoga persahabatan kawan-kawan langgeng ya. See you..

Oh iya, baca juga artikel tentang persahabatan dibawah ini ya..
Endorphin
Benarkah Kamu Mengenalnya
Menitipkan Kamu Kepada Allah

Advertisement advertise here

8 komentar

avatar

Wah nice.. Ini lebih kepada bacaan ringan, ya, teh.. Mengingatkan padq situs hipwee

avatar

Iya setujah sama madam president... nice, renyah kayak pop corn hehehe...

avatar

Aku emang suka artikel ringan.. Hehe. Mungkin bukan pakar bikin yg berat2.. Haha

avatar

Hihi.. Aseeek.. Aku bakalan jadiin ciri khas.. Tulisanku yg renyah2 wae.. Padahal efek kurang baca.. Haha

avatar

Iyah teh, aku yakin dunia juga butuh orang kayak kamu *walaaah gede bgt ngomongin dunia* ekekek...

avatar

Aseli ngekek baca komentarmu.. Aku ini cuman butiran debu, ngomonginnya dibutuhin dunia.. Cukup dibutuhin kalina sahabat2 yg kusayang.. Hihi

avatar

ciyeee so(k) romantis luuu haha

avatar

Hahahaha.. Kamu juga romantiss..

 

Start typing and press Enter to search