Navigation List

banner here

5 Cara Agar Ibu Rumah Tangga Mendapatkan Penghasilan Tambahan

- 1:07 pm
advertise here

Kali ini saya akan membuat postingan khusus buat bunda-bunda ya.. Hai Bunda bagaimana keuangan keluarga bulan ini? Apakah cukup atau perlu pemasukan tambahan?

Masalah keuangan keluarga memang selalu jadi bahasan ya Bun. Karena sekarang apa-apanya serba mahal yang membuat pengeluaran membengkak, tapi pemasukan tidak bertambah.

Jika Bunda memerlukan penghasilan tambahan, beberapa cara dibawah ini bisa jadi solusinya. Berikut cara agar bunda mendapatkan penghasilan tambahan.

1. Berjualan Online
Sumber: pexels.com
Nah, salah satu cara agar bunda mendapatkan dana tambahan yaitu dengan berjualan online.

Sekarang sudah era digital yang apa-apanya serba pakai internet. Tren belanja online di internet pun terus meningkat.

Bisa dilihat dari pertumbuhan perusahaan e-commerce seperti tokopedia, shopee, bukalapak, lazada, dan lain-lain.

Apakah kita sebagai ibu rumah tangga juga bisa ikut andil? Tentu saja bisa Bunda. Sudah banyak emak-emak yang pada jago jualan online melalui internet loh.

Banyak yang bisa dijual, mulai dari perlengakapan pribadi, kosmetik, perlengkapan rumah tangga, produk digital dan masih banyak lagi.

Media yang bisa dipakai untuk jualan bisa melalui facebook, instagram, whatsapp, line, dan juga website. Yuk dicoba..

2. Membuka Bimbel
Sumber: pixabay.com
Bagi Bunda yang hobi mengajar bisa juga membuka bimbel di rumah. Sasaran pemasarannya yaitu anak-anak tetangga di sekitar rumah.

Biaya bimbel atau kursus di lembaga resmi sangat mahal loh. Bahkan biayanya bisa melebihi SPP anak sekolah.

Peluang membuka bimbel bisa dilakukan oleh siapa saja. Bunda bisa mengajar sesuai keahlian yang paling diminati dan paling mahir.

Patokan biaya untuk bimbelnya bisa fleksibel, tentunya harus lebih murah dibandingkan bimbel resmi ya. Biasanya biaya bimbel non resmi 20-25 ribu satu kali pertemuan. Sekali pertemuan bisa 1-2 jam.

Bayangkan jika Bunda memiliki 1 murid saja yang belajar 3x seminggu dengan biaya 20ribu sekali pertemuan, maka dana yang dikantongi sebesar 60ribu. Bagaimana jika 3 murid, maka penghasilan dalam seminggu menjadi 180ribu.

Contoh bimbel yang bisa dilakukan yaitu mengajar matematika, fisika, bahasa Inggris, akuntansi, belajar menulis, membaca, berhitung, mengaji, dan lain-lain.

3. Penulis Lepas
Sumber: kaboompics.com
Kalau yang ini juga lumayan nih Bunda. Saya sendiri pernah menjadi penulis lepas dan penghasilannya juga lumayan.

Karena sekarang semuanya serba digital, maka beberapa perusahaan mulai memperkenalkan diri di dunia maya. Berbagai perusahaan mulai membuat website sebagai media perkenalan perusahaan dan media promosi.

Nah, biasanya perusahaan-perusahaan tersebut membutuhkan penulis-penulis untuk mengisi konten-konten di website mereka. Agar pertumbuhan website cepat meningkat, maka biasanya perusahaan tersebut merekrut banyak penulis lepas.

Penghasilan yang bisa didapatkan tergantung kebijakan perusahaan masing-masing. Ada yang membayar 350ribu per bulan. Ada juga yang dihitung per artikel dengan biaya 5ribu-25ribu per artikel, bahkan ada yang sampai 50ribu per artikel.

Hmm.. Bagaimana, apakah Bunda tertarik menjadi salah satu penulis lepas?

4. Penitipan Anak
Sumber: pexels.com
Ini salah satu usaha yang paling menyenangkan, terutama bagi pecinta anak-anak. Sembari mengasuh anak sendiri, Bunda juga bisa mengasuh anak tetangga, hehe.

Mungkin tetangga ada yang pekerjaannya kantoran, daripada anaknya dititipkan ke penjaga anak yang belum dikenal, mending sama tetangga yang sudah dikenal.

Kalau mengenai patokan biayanya tergantung kesepakatan saja ya Bunda. Biasanya ada yang dihitung per hari dan per bulan. Kalau per bulan ada kisaran 300-500 ribu. Kalau Bunda bisa jaga 3 anak kan lumayan.

5. Jualan Kue dan Jajanan
Sumber: pexels.com
Buat Bunda yang hobinya masak dan bikin cemilan, usaha sampingan yang satu ini bisa sekali dilakukan. Kue dan jajanan masih diminati oleh semua orang.

Bunda bisa menjualnya di depan rumah, titip di warung, atau di jual online. Saat ini bukan hanya perlengkapan pribadi saja yang bisa dijual online, tapi makanan juga loh Bun.

Kawan saya ada yang sukses jualan bolen, pizza, makaroni, nasi ayam penyet, dan banyak lagi. Penghasilannya besar juga Bunda.

Itulah 5 solusi yang bisa Bunda pilih agar mendapatkan penghasilan tambahan. Waaah ternyata banyak juga ya yang bisa dilakukan agar mendapatkan penghasilan tambahan.

Bagaimana? Apakah Bunda sudah dapat pencerahan mau pilih yang mana?
Pilih salah satu saja Bun yang memungkinkan untuk dilakukan saat ini. Karena kondisi di rumah setiap Bunda pasti berbeda-beda.

Yang pasti semuanya harus dimulai dulu ya, habis itu ditekuni dan terus dipelajari. Lakukan dengan sepenuh hati, Insya Allah nanti ketemu celahnya..

Belajarnya sambil jalan saja ya Bun, action dulu saja. Oke Bunda.. ^^

Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search