banner here

9 Langkah Penting Bersihkan Kamar Mandi Agar Bersih dan Kinclong

- 9:21 am
banner here

Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang paling urgen di sebuah rumah. Teman-teman semua tentunya memiliki kamar mandi di tempat tinggal masing-masing.

Bayangkan jika rumah tidak ada kamar mandi, apa yang akan terjadi. Tentunya akan tidak nyaman berada di rumah.

Agar kenyamanan rumah terus bertambah, hal yang harus dilakukan yaitu bersih-bersih. Rumah yang bersih akan terhindar dari berbagai penyakit dan parasit. Sehingga keluarga pun terjaga kesehatannya.

Akan tetapi, sayangnya ada satu tempat yang kebanyakan orang malas untuk membersihkannya. Tempat tersebut apalagi kalau bukan kamar mandi.

Mungkin.. karena aktifitas di kamar mandi sebentar, jadinya membersihkan kamar mandi tidak bergitu diprioritaskan. Ada juga karena alasan malas, terlalu repot, dan merasa jijik untuk membersihkannya.

Sebenarnya kalau tidak dibersihkan akan lebih jijik lagi. Karena semakin lama kotoran di kamar mandi akan berkerak. Sehingga tidak bisa lagi membersihkannya dengan cepat. Kondisi ini malah akan memperburuk keadaan.

Selain itu, jika tidak membersihkan kamar mandi akan banyak masalah yang terjadi. Kamar mandi akan menjadi kotor dan lantainya menjadi licin yang dapat menyebabkan kita terpeleset di kamar mandi. 

Apakah teman-teman tahu kalau terpeleset atau jatuh di kamar mandi sangat berbahaya. Menyepelekan bahaya terpeleset di kamar mandi akan berakibat penyelasan di masa depan. 

Daripada kita menyesal di kemudian hari gara-gara tidak membersihkan kamar mandi, yuk kita simak 9 langkah penting dalam membersihkan kamar mandi agar menjadi bersih dan kinclong.

Artikel terkait
advertise here

Langkah ke-1

Sebelum membersihkan kamar mandi, lakukan langkah persiapan terlebih dahulu. Pakailah pakaian yang nyaman, pakaian yang membuat kita bebas bergerak dan tidak membuat tersangkut benda-benda di kamar mandi.

Pakai juga sarung tangan karet dan masker jika diperlukan, barangkali kamar mandinya kotor sekali dan berbau tidak sedap.

Langkah ke-2

Siapkan perlengkapan untuk membersihkan kamar mandi, seperti sikat kamar mandi dan sabun pembersih kamar mandi. Pastikan juga stok air di tower melimpah ya. Kan lucu sudah ditengah perjalanan bersih-bersih ternyata airnya kosong.

Langkah ke-3

Rapihkan barang-barang kamar mandi. Singkirkan barang-barang yang tidak perlu. Seperti ember yang tidak terpakai, baju-baju kotor, dan benda-benda yang tidak penting lainnya. 

Hal ini dilakukan agar bersih-bersih berjalan dengan lancar dan kita pun lebih leluasa menyikat setiap sudut kamar mandi tanpa ada yang mengganggu.

Langkah ke-4

Buanglah sampah-sampah yang berada di kamar mandi seperti rontokan rambut, plastik, tisue, dan sebagainya.

Selain itu, cek juga perlengkapan kamar mandi, jika ada yang sudah habis buang botol bekasnya. Cek sikat gigi jika sudah rusak, buang saja dan ganti dengan yang baru.

Masukkan semua sampah di dalam kantong plastik dan langsung buang ke tong sampah di luar kamar mandi.

Langkah ke-5

Langkah ini merupakan yang paling inti yaitu membersihkan kamar mandi. Bersihkan kamar mandi dari atas sampai bawah.

Mulai dengan menyikat dinding kamar mandi yang telah diberi sabun pembersih kamar mandi. Sikat dengan kuat agar kerak-kerak yang menempel pada rontok. Lalu siram dengan air.

Setelah dindingnya bersih, lanjutkan dengan membersihkan kloset. Saat membersihkan bagian ini pastikan memakai sarung tangan dan masker agar terhindar dari kuman atau bakteri. 

Karena kloset merupakan tempat yang paling kotor di kamar mandi, bersihkanlah berulang kali. Siram air untuk melihat apakah sudah benar-benar bersih atau belum.

Jika kloset sudah bersih, berikutnya bersihkan bak mandi atau bath tub. Sikat dengan kuat, perhatikan setiap sudutnya, jangan sampai ada yang ketinggalan. Siram dengan air.

Kalau masih terlihat kotor bersihkan lagi. Karena bak mandi tempat untuk menampung air, jadi harus jauh lebih bersih dibandingkan dengan tempat yang lain.
Note: bedakan sikat untuk membersihkan kloset dan bak mandi ya.
Kloset dan bak mandi sudah kinclong, berikutnya lantai akan menjadi target selanjutnya. Tajamkan mata dan lihat setiap sudut lantai. 

Tuangkan pembersih lantai ke target yang akan di bersihkan, sikat lantai sampai bersih.

Ingat lihat setiap sudutnya, biasanya di pojok dinding suka terlupakan. Bersihkan semuanya, jangan sampai ada yang terlewat satu jengkal pun.

Pada langkah ini tahap terakhir yaitu menyiram kamar mandi dengan air secara keseluruhan. Pastikan tidak ada sisa-sisa sabun pembersih lantai yang tertinggal.

Langkah ke-6

Tata kembali perlengkapan kamar mandi, seperti sabun, shampoo, odol, sikat gigi, dan lain-lain. Jangan lupa isi ulang sabun, shampo, dan perlengkapan yang habis.

Taruh kotak sampah di kamar mandi agar kedepannya sampah tidak berserakan lagi.  Rapihkan semuanya di tempatnya masing-masing.

Langkah ke-7

Semprotkan pewangi kamar mandi, atau bisa beli pewangi yang digantung. Bila perlu taruh aromatherapy agar kita dapat relax saat melakukan aktifitas di kamar mandi.

Langkah ke-8

Bersihkan juga di luar kamar mandi. Biasanya di bagian luar dekat kamar mandi juga kotor.  Sapu kotoran dan debu yang menempel di lantai. Pel lantainya dan taruh keset khusus kamar mandi di depan pintu masuk.

Langkah ke-9

Bersihkan kamar mandi setiap hari, sedikit demi sedikit. Cobalah untuk lebih tertib dengan membuang sampah pada tempatnya, membuang botol perlengkapan yang sudah kosong, mengganti pewangi, dan mengganti keset jika sudah terlalu basah dan kotor.

Jika bersih-bersih kamar mandi dilakukan secara berkala, maka aktifitas membersihkan kamar mandi tidak akan terlalu berat. Selain itu, membersihkannya akan jauh lebih cepat, karena tidak ada kotoran yang mengerak.

Itulah 9 langkah yang bisa dilakukan agar kamar mandi tetap bersih dan kinclong. Setelah semua bersih dan rapih, saya yakin kita akan lebih nyaman dan aman untuk beraktifitas di kamar mandi.

Bagaimana sudah bersemangat untuk membersihkan kamar mandi?

Kalau masih males, mending baca dulu Bahaya Terpeleset di Kamar Mandi. Mungkin kalau sudah mengetahui bahayanya, kita akan lebih menyadari pentingnya membuat kamar mandi tetap bersih dan kinclong.

Oke semuanya, selamat bersih-bersih..

Baca Juga

Advertisement advertise here

This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search