Navigation List

banner here

Agar Hobi Suami Tidak Bikin Keuangan Keluarga Jadi Zonk

- 7:16 pm
advertise here
Bundoo, Maak.. pusing yaa kalau udah berurusan sama hobi suami. Apalagi kalau hobinya yang super duper mahal yang biasanya membuat keuangan rumah tangga jadi zonk alias carut marut.

Biasanya kita sebagai seorang istri yang manut dan nurut suka gak mempan kalau mau nasihatin suami perihal hobi. Bisa-bisa malah jadi bikin suami bad mood dan bahkan bisa jadi sumber perang dunia di bahtera rumah tangga.

Mungkin kalau hobinya yang murmer dan bermanfaat mah gak masalah ya, seperti hobi masak, nyapu, ngepel, nyuci baju. Heuheu itu mah kita malah seneng dunia akhirat..

Tapi, jarang sekali suami yang punya hobi menyenangkan seperti itu. Kebanyakan hobinya yang mengeluarkan budget lumayan per bulannya bahkan per harinya. Contoh missal hobi otomotif, hobi pelihara burung, hobi barang antik, dll.

Suami saya pribadi hobinya memelihara burung. Pernah rada dibuat terdiam pas di awal nikah karena waktu itu suami beli burung yang harganya mahal. Walau kaget saya diam saja.

Saat itu saya gak selow banget sampai membuat suami rada bĂȘte. Terus untuk meneyenagkan hatinya saya kasih hadiah burung yang dia pengen. Eh ternyata saya malah salah beli burung, dan suami malah kurang suka..

Tapi karena kasian akhirnya dia rela buat suka dengan burung yang saya beliin. Sampai sekarang kalau ingat-ingat itu kita malah ketawa-ketawa.

Oke kita cukupkan intermezonya ya.. lanjut ke bagian inti..hehe

Langkah-langkah agar hobi suami tidak membuat keuangan keluarga jadi zonk yaitu:

  1. Ikut menyukai hobi suami
Ini  tahap yang paling penting. Pertama mau tidak mau kita harus mengalah terlebih dahulu. Cobalah pahami bagaimana bahagianya suami saat menggeluti hobinya. Kalau yang kita cintai bahagia kita juga ikut bahagia kan..

Pelajari apapun tentang hobi suami. Jadi kita mudeng (baca: mengerti) saat suami lagi ngomongin masalah hobinya. Jadilah pendengar yang baik, buat suami merasa nyaman.

Cara ini juga bisa membuat hubungan antara suami dan istri jadi makin harmonis loh..
Contoh kalau suami hobi memelihara burung, usahakan kita juga menyukai peliharaannya dan ikut andil dalam berbagai aktifitas perawatannya.

Seperti ikut memberi makan, memandikan, dan berinteraksi dengan burung peliharaannya.
Contoh kedua jika suami hobi otomotif, temani dia saat lagi pilih-pilih bahan modifikasi, atau lihat-lihat galeri.

Jangan lupa temani juga saat aktifitas perawatannya seperti mencuci kendaraan bersama, ihir.. kita bisa sambil maenan air bareng suami tercintah (hihi, Maasya Allah romantis sekali kan).

  1. Jadikan hobi suami salah satu sumber penghasilan
Nah ini dia kuncinya. Setelah kita faham dengan hobi suami, dan sudah sama-sama menyukai hobi tersebut, ubahlah pengeluaran menjadi penghasilan.

Maksudnya, jadikan hobi suami sebagai bisnis sampingan. Jangan salah loh ternyata bisnis yang didasari hobi akan lebih cepat tumbuh dan akan lebih lama bertahan.

Karena, saat melakukannya tidak merasa terbebani sama sekali.
Contohnya orang yang hobi nulis saat bisnis menulis buku maka tidak akan sulit saat mau launching buku. Karena hobinya memang menulis.

Atau yang hobinya masak akan lebih mudah saat dia buka warung makan atau restauran. Itu karena selain senang menjalaninya, bisnis karena hobi menjadikan ownernya lebih ahli di bidangnya.
Tugas yang harus dilakukan cari tahu prospek bisnis dari hobi suami. Bisa lihat di beberapa media social, portal jualan online, dan lain-lain.

Misalkan kalau suami hobi burung, coba cari yang jualan burung di beberapa situs jualan misalnya OLX. Cari tahu harga beli dan harga jual pasarannya. Setelah ketemu berapa kira-kira prospek keuntungannya, beritahukan ide membuat bisnis dari hobi tersebut kepada suami tercinta.

Bantu suami untuk memulainya.  Dampingi terus sampai bisnisnya benar-benar berjalan.
Nah, itulah salah satu cara yang bisa dilakukan agar hobi suami tidak membuat keuangan rumah tangga jadi gak karuan atau zonk.

Cara ini sudah saya lakukan dan terbukti berhasil. Tapi kalau saya lebih mudah karena memang basic suami selain suka pelihara burung, dia juga suka jualan. Akhirnya jadilah bisnis sampingan.

Menghilangkan hobi suami dari peradaban itu tidak mudah. Daripada pusing-pusing bujuk suami biar lepas dari hobinya, mending rubah saja hobi suami mejadi jalan mendapatkan rezeki. Sulap pengeluaran jadi penghasilan.

Gimana menarik bukan.. Yuk coba praktekkan..

Jika ada suami Bunda or Mamak memiliki hobi dan ingin diskusikan kira-kira usaha apa yang cocok untuk dibangun, monggo komen di kolom komentar ya..

Barangkali Bunda/Mamak lain bisa kasih masukan.. ^^

Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search